Friday, March 4, 2011

The Lost Species

udah lama nggak ngepost. karena sibuk, mager, dan gak mood. ini juga ngepost karena tiba2 kangen keluarga. jadi pengen ngepost tentang keluarga nih ceritanya. tenang aja, dari judulnya postingan ini gabakalan ngebahas tentang sepasang makhluk hasil eksperimen laboratorium yang kabur karena takut ama gunting sunat dan ngelahirin spesies cacat kayak aku gini. keluargaku normal kok. normal, ya, normal. normal. entah kenapa pas nulis "normal" aku mengalami konflik batin yang amat sangat.

1. Tony Milioneri
dari namanya, kita sudah bisa menebak kalau dia adalah seekor papa. eak, bukannya kurang ajar, tapi kedodolanku ini adalah diferensial alias turunan dari papa. yak, sifat yang diturunin papa ke aku adalah susah serius dan suka kentut pas bangun tidur. masyaallah. papa umurnya udah 45, profesinya adalah guru biologi sma sekaligus wakasek bidang sarana. hobinya bervariasi banget, dari ngupil (suka nyodok2 idung terus hasil galiannya dijentikin dengan akurasi tinggi dimana istri dan anak2nya adalah sasaran tembaknya), makan (selama itu bukan bangkai apapun yang bisa ditelan pasti ditelan ama papa), tengkurap (nggak kenal waktu, tempat dan situasi, pokoknya setiap ketemu bidang datar pasti papa tengkurap), kentut (salah satu bentu komunikasi dikeluarga, misal papa kentut dikamar, artinya dia kelaperan, trus mama kentut didapur, artinya makanan udah siap dan semuanya segera kemeja makan, trus aku ama adek2ku akan kentut bersahut2an yang artinya "iya ma bentar lagi"), sampai benerin jalan (kalo ada jalan bolong disekitar rumah pasti papa yang pertama kali nutupin). dan belakangan aku menyadari bahwa hobi papa yang paling bisa diterima akal manusia adalah badminton (tiap selasa dan jumat papa maen, dan aku gapernah sekali pun seumur hidup bisa ngalain papa, SM*SHannya kuat banget!). oiya, papa juga hobi banget maen Zuma Deluxe. itu loh, game kodok yang yang nembak2in kelereng warnawarni itu. dulu tiap hari papa ngebajak komputer kami buat maen itu. tiap pulang kerja main, pulang dari mesjid main, pulang dari badminon main. kalo udah main zuma, papa akan mangap dan dan indranya akan mati beberapa saat. soalnya kalo di panggil gabakalan nyahut. misalnya pas manggil. "pa, kunci motor mana?", papa cuma bakal ngejawab "aa..". "pa, minta duit jajan dong.." "aa...", "pa, mama kawin lagi!" "aaa...". untung tuhan masih sayang ama kami, papa kami kembali normal sejak komputer dirumah rusak. hoho. papa juga punya rambut di putingnya. papa dirumah biasanya jarang pake baju, aku ama adek2 kadang2 suka mainin bahkan nyabutin bulu yang bersarang di tete papa tersebut.
yang paling aku suka dari papa adalah gabisa marah, seingetku, papa cuma pernah marah sekali, yaitu pas idul fitri pas aku masih sd dulu. waktu itu aku berantem sama Maestro pake lempar2an obor, trus kami digampar sama papa ._. papa juga humoris banget. siapapun, apapun, bisa jadi bahan lawakan.
yang gak akusukanya papa pelit, perhitungan, dan ga mau kalah kalo udah berdebat. -_-
tapi tetap, papa adalah patokan buat aku,belum sukses namanya kalo aku belum bisa melampaui papa dalam segala bidang (.)(.)
perhatikan lingkaran merah
2. Misnawati
dirumah dan dikeluarga, mamalah satu2nya makhluk yang paling cantik dan akan selalu begitu. mama biasa dipanggil Emi. beda 7 tahun ama papa, mama masih 38. mama, sifat yang dituruninnya ke aku adalah bersin2 dan suka emosi gajelas. mama adalah iburumah tangga yang tangguh, bayangin aja, seorang diri ngurusin 4 ekor trenggiling rabies dan seorang papa yang kalo gak di cambuk pake ikat pinggang gabakalan mau mandi sore. mama hobinya bersin2 (alergi parah, kalo udah kambuh, tiap 13 detik pasti bakalan hatceh2, begitu terus sampe mama minum obat dan ketiduran, dan penyakit ini nurun ke aku meskipun ga separah mama), bersih2 (mama bisa ngedenger kalo ada yang makan tanggo dan ampas gigitannya jatoh ke karpet ruang tamu meskipun mama lagi didapur, nyapu dan ngepel rumah udah kayak solat fardu bagi mama), senam (tiap sore, mama pasti ngebajak tivi ruang keluarga buat muter kaset senam berty tilarso kemudian joget2 sampe bikin rumah oleng), masak (batu bara dan bangke orang utan pun bisa  mama sulap jadi makanan enak saking jagonya masak). mama juga punya suara super, pas sore, mama selalu manggil Feimes (adekku yang paling kecil) yang lagi main entah dimana. mama bakal teriak didepan teras "FEIMEEESSS, PULANG! MANDII!" kemudian dari kejauhan entah darimana Feimes bakal berlari pulang mengingat mama punya cambukan ikat pinggang bagi yang gak patuh ama mandatnya.
yang aku suka dari mama adalah, mama suka manjain anak2nya, apalagi aku, yang jarang dirumah. setiap pulang kampung kerumah, mama tiap hari bakalan nanya "hari ini menu makannya apa?", dan aku pun ngejawab setiap hari dengan jawaban yang variabelnya sama, yaitu AYAM. "ayam gulai aja ma..", "ayam kecap ma..", "ayam bakar deh..", "ayam kampus ya mama sayang..". mama juga ahli dalam menyelundupkan dana dari saku papa. misalnya aku minta duit ama papa dan gak dikasih, nantinya mama pasti ngasih aku duit sambil berbisik "ini disimpan, jangan bilang2 papa ya". oh mama.
yang gak aku suka (sebenarnya gabisa dibilang gasuka juga sih hehe) dari mama adalah kalo lagi belanja bareng, beli baju misalnya. kebanyakan orang pasti bakal nanyain "eh ibuu, ini siapa? adiknya ya?". ADIK BACOT MU! emang aku setua itu apa?? emang sih mama awet muda, tapi masa aku setua itu sih. yang paling parah adalah pernah orang ngira aku ini SUAMINYA MAMA. -__-"
mama sang ababil

kover majalah Gadis edisi 3065
3. Brilian Echonery
semua orang pasti kenal makhluk yang satu ini. eaaakk, aku emang anak pertama mama papa, meskipun projek gagal, mereka tetap sayang ama aku. meskipun anak pertama, aku cuma sekitar 5 tahun yang benar2 serumah tinggal sama mama papa. sejak umur 3 tahun sampai tamat SD, aku tinggal sama nenek kakek dikampung (sampai sekarang aku gatau kenapa aku ga dibawa dan ditinggal sama kakek nenek .__.), pas smp baru sama mama papa, pas sma udah asrama di Pekanbaru, dan sekarang kuliah di UGM. gak kayak adek2ku, yang sejak masi sperma bauk sampe sekarang tinggal sama papamama.
mungkin banyak yang heran, tentang nama kami. yak, aku akui ini emang spertinya tradisi keluarga besar ngasi nama keturunan agak "nyentrik" dikit. nama aku itu artinya brilian=pintar, echo=gema (biar namaku bergema kemanamana , eaaakk), dan nery adalah nama belakang papa. nama adek2ku gakalah nyentriknya kaya gini haha.
yang ngebaca ini setidaknya pasti udah kenal aku sedikit banyak.
no comment
4. Herian Maestro
biasa di panggil mestro, tapi aku manggilnya adek doang. dek. dia lebih muda setahun setengah dari aku, sekarang dia udah kelas 3 sma di sma tempat papaku ngajar. dia bangga banget pas kemaren juara kelas, padahal nilai2nya palingan di edit ama papa hahahaha. diantara berempat beradik, menurutku mestro lah yang paling bego (hahaha jan bongi dek!). hobinya adalah ngancurin barang (apapun yang berada di genggaman tangannya pasti akan berakhir dalam kehancuran, papa malah udah ngejulukin dia Dewa Siwa alias dewa perusak), ngerebut mainan dan menyiksa 2 ekor makhluk naas yang lebih muda darinya (si Deni ama Feimes adalah korban kekerasan dalam adik beradik), dan makan (dirumah, makanan harus disembunyiin biar kita gamati kelaparan soalnya bakal diabisin ama dia).
dari kecil sampai smp, berantem adalah ritual wajib kami. aku jagonya ninju dan dia jagonya gigit. malah kami juga mengembangkan gaya berantem yaitu dengan meludah. malahan karena berantem pake ludah ini kami berdua pernah di usir mama dan disuruh tidur di teras rumah.
secara keseluruhan, aku jauh lebih unggul dari dia; tampan, pintar, mandiri, dan wangi. aku suka banget pas klo ngumpul keluarga trus mamapapa ngomong sama maestro dengan diawali dengan kalimat "contoh tuh abang kau..". MUAHAHAHAHAHA. ironisnya, aku bisa dibilang belum pernah pacaran sedangkan dia udah gonta ganti pacar beberapa kali.
maestro adalah anak yang paling gede, sedangkan aku adalah anak yang paling tua. tau kan maksudnya? meskipun bego, diantara berempat kayanya dialah yang paling gak emosional, dia juga jago didapur, giling bawang cabe, ngupas ini ngupas itu mask ini masak itu. pokoknya partner mama di dapur lah. paling rajin pokoknya dia.
mengenai nama, Herian berasal darikata arab Khairian=baik/kebaikan, dan Maestro=master, yang juara.
iya iya aku tau, NGGAK MIRIP

dasar bego, alay hahaha
5. Goldeni Glorius
menurutku si Deni lah yang namanya paling keren diantara kami, Golden dan Glory, kekayaan dan kejayaan. sekarang deni kelas 1 smp. diantara berempat, sepertinya Deni lah yang masa kecilnya penuh penderitaan dan tangisan, gimana nggak, pas dia kecil kami (aku ama maestro) juga pas nakal2 nya. aku ingat banget, pas musim Smack Down dulu, aku dan Mestro selalu niruin gaya2nya dan ngejadiin deni sebagai bahan latihan buat dibanting (kali ini aku ama mestro kompak), dan kalo si Deni nangis, kami bakal nyekap mulutnya ato mukanya pake bantal, ato yang paling praktis, masukin kedalam lemari baju. kalo udah ganangis baru dikeluarin. soalnya kalo tangisannya kedengeran mama, mama pasti bakal datang dengan seperangkat ikat pinggang, ngeri. beda kalo ama papa, kalo papa mah ngeliat kami gituin Deni bakal begumam "mm..jangan.." doang sambil tengkurapan dilantai.
Deni adalah yang ga paling banyak omong, baiklah pokoknya. tapi kalo udah ada maunya, nylot abis. kalo gak di Smack Down ke lantai marmer ruang tamu dia pasti gabakal berenti minta maunya. contohnya pas dia mau minjem hapeku, "bang, minjam hape bang, mau maen gaamee...", "aah..abang lagi pake nih", "bang..minjam", "aah, pergi sana", "bang.." *aku angkat Deni trus banting kelantai*. baru dia diem. "bang..", *aku siap2 mau ngebanting lagi* tapi ga jadi karena ternyata itu mama yang lagi manggil papa.
si Deni cukup pinter, setidaknya daripada maestro. dia juga punya gigi depan yang gede kaya kapak. sering kami manfaatin buat buka kaleng susu, marut kelapa, dan garukin punggung. dia dijuluki gigi kapak ama papa.
deni dan papa

bahan bantingan
6. Naufal Feimes Muzhafar
biasa dipanggil Feimes, kadang juga Memet. arti namanya kalo gasalah ni ya Naufal=tampan, Feimes, darikata Famous=terkenal, dan Muzhafar=orang yang menang. umurnya baru...berapa yah, pokoknya masi TK deh. ini adik sumpah hyperaktif banget, kaya kuda binal lagi kena bisul, susah banget diamnya. hobinya adalah mengacau (kalo dia ngeliat orang lagi tentram dan gembira, pasti bkalan diusilin, sampe2 di kasi titit nya gitu), minta duit (shoppaholic abis, padahal cuma tau uang seribu rupiah, tiap detik pengen jajaan terus. pas bangun tidur dengan muka penuh tahi mata dan iler serta celana masih basah karena ompol aja udah nyamperin mama/papa minta duit. pokoknya, hidup adalah selembar seribuan dan jajan, malah mama pernah stress gara2 hobinya dan bilang "jajan terus! gada lagi duit! jual aja nih mama! jual!", horor abis), Feimes juga hobi berak ditepi jalan, tiap kali mau boker, dia pasti bakalan menggelinjang2 dan lari2 di sekitar rumah dulu trus ngebuka celana di teras rumah sambil mamerin tititnya yang segede upil kutu, trus bakalan berlarian dengan bagian bawah telanjang kejalan depan rumah kemudian nengger di tepinya sambil ngejan2, kadang2 juga dia bawa mainan ama cemilan. abis boker, dia bakalan masuk kerumah menuju wc buat proses pencucian, dan austisnya, dia masi belum bisa nyuci berak sendiri. dari wc dia bakal tereak "MAAAA...UDAAAAHH...", daridapur mama ngejawab "mama lagi masaaak, minta cuciin sama abang aja sana! ", pada situasi genting seperti ini, aku, Maestro ama Deni yang ngedenger mama ngomong gitu pasti bakalan pura2 mati, ngumpet di kolong ranjang, manjat loteng, ato pura2 kena struk. siapa juga yang doyang ngebasuh pantat tuyul yang berlumuran berak kaya Feimes gitu, ama pantat sendiri aja aku masih canggung.
sering memanfaatkan keimutannya untuk minta duit ama tamu2 yang berkunjung kerumah

karena sering jadi objek bantingan, mereka berdua merasa senasib dan akrab sekali.
 begitulah,keluarga abnormal yang mencoba mempertahankan harmoni dan melanjutkan asa. meskipun sedkit berbeda dengan keluarga2 normal sekitarnya, tidak ada yang pernah menyesalkan itu. meskipun di julukin The Lost Species sekalipun, ga masalah. siapapun pasti menyayangi keluarganya. ya kan?

(O,O)

5 comments:

  1. huahahahahahhaa

    speechless ngakak ner bacanyaa huhahaha

    ReplyDelete
  2. from mind to words ini siapa ya? haha bagus deh kalo kau senang bacanya..

    eaaa yuroni follow lah blog aku nih..

    ReplyDelete
  3. taon depan, maestro rekrut jadi dcastol ya hahahaha

    ReplyDelete

There was an error in this gadget