Saturday, August 18, 2012

Mudik Level: Expert

Seperti kebanyakan orang2 pada umumnya, pada akhir2 ramadhan aku juga pulang ke kampong halaman. Kali ini aku pulang bareng adek, si Maestro. Karena alas an biar hemat dan asik, kita mutusin buat mudik naik motor.

Dari rumah di Inhil aku naik travel ke Pekanbaru, dimana Maestro masih kuliah (ngambil SP). Dari pekanbaru barulah kami berdua naik motor ke Kuansing. Oke, mungkin mmbingungkan mana kampong halamanku yg sebenernya. Jadi gini, Inhil (Indragiri Hilir) adalah tempat dimana keluargaku tinggal (mama papa adek2), karena papa kebetulan kerja disana. Sedangkan Kuansing (Kuantan Singingi) adalah kampong kami yang sebenernya, dimana semua keluarga berasal dan lahir disana. Jadi kalo pulang kampong berarti pulang ke Kuansing. Kalau pulang kerumah berarti pulang ke Inhil.

Perjalanan dari Pekanbaru ke Kuansing ditempuh selama 3 jam. Jalannya bagus banget tapi terlalu banyak belokan2 tajam. hampir aja kita masuk parit gara2 belokannya terlalu tajam. Sesampainya di kampong yang kita langsung kerumah nenek, dan ngunjungin semua keluarga besar. Trus juga sempet main2 ke tempat2 favorit dulu waktu kecil, kaya hutan di belakang rumah dan sawah deket kampong.
rumah kita dikampung

Maestro lagi mainin anak biawak, semoga ibunya gak nyariin

rumah panggung tradisional Kuansing

sawah, sawah everywhere...

sawah tempat biasa main layangan

meluk temen lama..

will you marry me?

buat yang belum tau, ini tai kerbau..

senapan angin buat nembak burung atau tupai..

semak belakang rumah

sungai Kuantan

sapi lagi pacaran..

salah satu spot nongkrong favoritku di kampung


Kita dikampung Cuma 2 hari, setelah ngumpuling THR (mehehehe) akhirnya kita pamit balik kerumah. Dari Kuansing ke Inhil ditempuh selama 7 jam (300m) . Dan ini lumayan bikin pantat kebas. Apalagi jalan Lintas Timur yang bolong2, banyak biawak, dan banyak pungutan liat gajelas. Selain itu tambah susah lagi karena arus mudik udah rame banget. Jalan dipenuhi bis2 dan truk2 serta pengendara motor lain yang bikin jalan makin sempit.

Selama diperjalanan kita gentian nyetir, dan yang paling absurd adalah, kita sering banget pipis di pinggir jalan wekekek. Mudik, nempuh perjalanan jauh kaya gini kayanya udah jadi agenda kita tiap taun, karena rumah dan kampong kita emang agak pelosok dan jauh dari kota. Karna itu kita udah expert dalam hal mudik memudik.

Pulang ke kampong dan kerumah emang selalu repot dan susah, apalagi harus nyebrang  sungai lagi. Tapi itulah yang bikin pulang kerumah merupakan hal sangat luar biasa berharga..
pipis sambil diliatin orang

istirahat di Danau Raja, Rengat

pipis lagi

jalan kaya gini selama 4 jam. pantat berserak..

final chapter: perjalanan laut..

kalau kalian pulang kerumah gak harus gini, sering2lah pulang kawan..

Rumah, bukan kampung

Journey to The Forbidden City


Jadi ceritanya beberapa minggu yang lalu aku baru pulang dari Thailand nih. Yah, sebenernya gak sendiri juga sih. Bareng temen2 seangkatan yang hamper berjumlah 90 orang (iye rame emang). Sepulangnya dari sana, banyak temen2 yang gak percaya aku dari sana. Dan setelah ditunjukkin foto2nya baru pada percaya. Dan tiap kali ada temen yang tau aku dari Thailand, pertanyaannya pasti sama2 aja. Jadi semuanya jadi kaya Frequently Asked Questions (FAQ). Dan berikut ada FAQ yang paling sering ditanyain:
-         
      Loh kamu dari Thailand? Beneran? Serius?
Jawab: iye

Ama siapa kesana? Ngapain?
Aku kesana bareng temen2 seangkatan, itu sebenernya program kuliah yang namanya KKA (Kuliah Kerja Arsitektur), ini adalah program tahunan buat mahasiswa semester 4. Jadi kita ke luar negri, survey ke Negara tertentu, dan ilmu yang kita dapet disana kita terrapin di Negara kita (di Jogja aja sih biasanya hehe). Jadi secara umum dapat dibilang kaya studi banding (walopun 70% kegiatannya adalah jalan2 hueheuheu).
-         Berapa lama kau disana? Berapa duitnya?
Kami disana 5 hari doing, nginep di hotel (jadi bukan backpacker). Kemaren kita kena 5 jutaan per orang, dan ya, itu pake duit sendiri. Tp karena udah direncanain sejak semester 1 jadi gak terasa begitu berat lah…
-          Ketemu bencong gak disana?
Ketemu! Namanya juga Thailand, apalah arti Thailand tanpa bencong. Tapi ya cantik2 loh, gak kaya bencong di Indonesia yang modar oplas idung ama tete busa doing..

Enak gak disana?
Ya karena baru sekali kesana enak2 aja sih. Tapi cuaca disana lebih panas dari di indo. Dan susah sekali nyari makanan halal. Tapi yang paling keren dari Bangkok adalah keramahan orang2nya dan transportasi umum yang luar biasa mudahnya.
-          
Oleh2 mana?
Kampret, kemaren ada sih ngeborong kaos2 oblong Thailand gitu (1000 Baht atau sekitar 300.000 rupiah dapet 12 kaos) ama gantungan kunci. Tapi udah abis.

Selama disana hampir tiap hari dan tiap jam kita jalan jalan, yang paling menarik adalah pas aku dan temen2 jalan2 ke daerah bernama Pat Pong di Bangkok. Pat Pong itu kaya Sarkem di jogja, tempat ajib2 gitu. Disitu kita keliling2 di jalan yang hampir mirip ama kaya Malioboro, cuman bedanya: banyak cewek2 (entah bencong2) yang menjajakan diri dipinggir jalan, orang jualan CD bokep udah sama kaya jual gorengan aja. Dan kita sempet liat striptease jga dikit (huehuehuehe). Ada pula yang nawarin2 “sex show sir? Sex show? Only 120 baht” masyaallaahh.. untung aja waktu itu lagi gak bawa uang akakakak. Emang bener disana banyak banget bencong2 cantik yang menggoda iman padahal bawahnya juga “nunjuk”. juga susah sekali nyari makanan halal, apa2 disana serasa mengandung pork (babi). Makan ayam, takut digoren pake minyak babi. Minum air putih, takut dibuat dari pipis babi. Makan nasi, takut pupuk padinya dari taik babi. Jadi parnoan sendiri. Makanya Bangkok kita katain the Forbidden City, karena banyak hal2 terlarang buat orang Indo seperti kita disana heuheuheue.

Trus kita nyobain MRT dan subway nya. Pantesan di Thailand orang gak banyak yg pake motor soalnya transportasi umumnya bagus banget.
Dihari ketiga kita ke Chao Praya river, naik perahu, yang notabene suasananya sama persis kaya kampong aku di Riau, Kuala Enok, Cuma beda gedung2 tinggi doing -__-
Well secara umum perjalanan ke Bangkok merupakan liburan terbaik dan terjauh seumur idup aku. Apalagi jalannya bareng pacar, jadi makin cihuy lah fufufufu..

seangkatan ngerusuh di Bangkok

pasangan tukang pijet keliling

si Gita lagi foto bareng sama cewek2 (mungkin) Thailand

berlatih di Wat Arun Temple

Jurus Tapak Buda megang titit

nyobain monorail train nya

walo diluar negeri tetep budayakan foto ala boyband

jalan2 bareng gandengan masing2

muka muka bahagia naik kereta bawah tanah pertama kali

ini kita ngapain ya

pusat perbelanjaan paling top di bangkok, MBK

mekah? bukan. walo di Bangkok tetep ada mesjid kok

pasangan tukang pijet keliling lagi

mbojes di Chao Praya river

gak lengkap ke Bangkok kalo gak beli jersey KW AAA nya

hal pertama yang di lakuin di bandara 



Twenty


Salah satu yang bikin gak enak punya tanggal lahir di bulan Juli adalah karena tiap kali ulang taun pasti udah libur dan selalu kaya gitu. Jadi selama 19 taun aku biasanya berulang taun dirumah aja tanpa ada temen2 atau yg ngasi kado.

Tapi beda ama ultah aku yang ke 20 kemaren, kebetulan pas ultah aku dan temen2 belum pada pulang meskipun udah libur. Dan dikasi surprise yang ajib ama temen2. Surprise ini bener2 gak disangka soalnya dikasi pas sehari setelah ultah aku jadi sama sekali gak curiga. Heuheuhue
Yang ngerjain asli niat banget. Jadi ceritanya aku lagi dan temen2 cowok lagi solat jumat. Ternyata temen2 cewek pada ke kontrakan dan ngerombak kamar aku jadi kaya gini -__-:
kamarku dijadiin kaya buat acara sunatan gini,,
Setelah pulang solat jumat dan mau masuk kamar, dapet kejutan yang bikin aku loncat karena kaget.
masuk kamar tanpa kecurigaan sedikitpun

loncat kaya kangguru ayan saking kagetnya

Mungkin sebenrnya biasa aja kalo ada yang ngasi surprise buat ultah temennya. Tapi berhubung aku belum pernah dikasih surprise kaya gini seumur idup (ßHAHAHA cupu!) jadinya berasa terharu sekali *sob sob*
Apalagi dikasi kado yg keren ekekekek
dikasi action figure Vegeta supersaiya 3 dan pop mi. entah apa hubungan kedua benda ini -__-
party ala remaja barat

penyerahan kado yg bikin deg degan

Makasih Perdi, Dwiky, Faris, Prata, Titis, Indra, Gita, Tyas,  Siska, Yayak, Weky, Anin, Momo, Liana. Youre the best!
There was an error in this gadget