Sunday, March 24, 2013

Revenges for Highschool

belakangan aku baru nyadar. ternyata banyak sekali hal-hal yang aku lakuin sekarang dan kebiasaan sehari hari selama kuliah merupakan kebalikan dari hal-hal yang biasanya aku lakuin selama SMA. sejak masih SMA sih senior2ku selalu pesen kalo kehidupan kuliah itu jauh berbeda ama SMA. itu udah jelas, selama di sma aku hidup dalam sistem. sekolahku merupakan sekolah negeri semi militer dan mengisolasi siswanya dan memaksanya hidup dalam suatu sistem yang keras. berbeda jauh ama kuliah, kehidupan selama kuliah adalah suatu sistem yang longgar dimana setiap celahnya harus kita manipulasi supaya tidak menimbulkan suatu sumber masalah. disini kita bisa ngelakuin apapun yang kita maudan hanya memerlukan satu persyaratan: tidak menimbulkan efek negatif atau kerusakan buat orang lain. selama persyaratan tersebut terpenuhi maka kita adalah orang paling bebas dalam sistem.

selama hidup di sistem di sma. banyak hal-hal yang aku lakuin dengan penuh keterpaksaan. emang itu adalah hal-hal yang baik dan untuk kebaikan kita. tapi baik aja gak cukup. hal-hal baik belum tentu bikin seneng. jadi, mungkin ini adalah salah satu pemicu kenapa aku cenderung ngelakuin hal-hal yang berkebalikan ama yang aku lakuin selama SMA.

gaya rambut

sebenernya dari lahir sampai SMP, aku punya gaya rambut kaya orang paling cupu di seluruh galaksi. rambut lurus, klimis, belah samping kanan, dan punya jambul dan selalu tersisir rapi. gaya rambut ini sebenernya di ciptakan ama nenekku yang udah ngerawatku waktu kecil. beliau selalu bilang, kalo orangyang punya belah rambut di kanan bakal jadi orang pintar dan selalu ngelakuin hal2 baik doang. sampai suatu hari pas SMP kira2 kelas 3, di pagi hari pas mau berangkat sekolah, sisir dikamarku ilang. waktu itu aku udah terlanjur banyak make minyak rambut dikepala dan bingung harus nyisir pake apa. akhirnya aku mutusin buat nyisir pake tangan doang dan ngebentuk gaya rambut baru yang aku sebut "tumbang kedepan semua". yop, waktu itu rambutku udah kaya bocah emo abis ktumpahan minyak goreng di kepala. tapi ternyata temen2 pada ngomentarin keren ama rambutku itu. akhirnya sejak itu aku mutusin buat ganti gaya rambut sekalian. karena hemat waktu, gakperlu sisir dan gak perlu takut berantakan karena gayanya emang berantakan.

rambut pas jaman SD. kok aku mirip korban sodomi gini ya...

pas masuk SMA, ternyata ada peraturan di asrama yang ngewajibin buat pangkas rambut ketika awal-awal masuk. pas itu sedih banget, baru beberapa bulan punya style baru eh malah mau di cukur abis (1 cm meen, tuyul..). aku pikir botak2 kaya gitu bakal berlangsung selama ospek doang. taunya gaya rambut tuyul kaya gitu berlaku ampe tamat. yg pertama kali kepikiran adalah, gimana caranya aku dapet pacar ya dengan rambut kaya gini? soalnya mukaku emang gak cocok ama kepala botak. dan benar, 3 tahun SMA aku jomblo total. kampret.
suram, dijauhin cewek karena dikira anak korek api atau cutton bud..

sejak tamat SMA dan masuk kuliah aku janji gabakal pernah potong rambut lagi sampe sependek itu. aku kira rambutku bakal balik kaya pas jaman smp dulu. taunya, rambutku malah tumbuh panjang jadi keriting! asu. mungkin ini efek rambut yang tiap 2 minggu di potong jadi 1 cm, dan setelah menghidup udara kebebesan rambut2ku lupa caranya tumbuh secara normal.
bahkan beberapa waktu sebelumnya aku pernah nyoba buatjadi brewok. ekspektasiku sih bakal di katain dewasa dan macho atau cool gitu ama temen2. taunya malah pada ngatain tua, berantakan, dan kaya gelandangan. kampret. akhirnya langsung kupotong dan kembali ke rambut yang wajar2 aja.
sebelum dan sesudah cukuran. sebenernya masih tetep suram tapi kata 167 dari 168 orang temenku bilang lebh mendingan..

jam tidur dan bangun

selama di sma bahkan sampai tidur dan bangun pun diatur. dan tidur adalah sistem yang paling sulit dimanipulasi (yeah memanipulasi peraturan adalah skill setiap siswa di sma ku haha). untuk malam, jam tidur adalah jam 10. setelah jam tersebut ilegal untuk melakukan aktifitas diluar. biasanya kalo gak ada tugas sebelum jam 12 aku udah ngorok. karena siangnya emang selalu full. untuk siang sendiri, hampir gak ada waktu untuk boci. sekolah dari jam 7 sampai jam 4 tiap hari. kemudian melakukan aktifitas yang gabisa ditinggalin kaya kerja kelompok, nyuci, dll. dari jam 6 sampai seterusnya harus mengerjakan tugas2 yang gak abis2 dan menghapal pelajaran kalo besoknya ulangan (yeah selama sma dari 6 smester aku juara 1 lima kali dan beberapa kali juara umum, nerd). itu untuk tidur, untuk bangun sendiri, jam 4-an bel udah berbunyi, ketika bangun tidur aktifitas pertama adalah merapikan tempat tidur, kemudian siap2 solat subuh di mesjid yg masalahnya juga diwajibkan dalam sistem. setelah pulang solat kemudian merapikan kamar, mengerjakan tugas piket asrama (buang sampah, ngepel, dll), menyemir sepatu, nyetrika baju, boker,mandi dll kemudian siap2 berangkat sekolah jam 7. kadang2 aku juga bingung, sebenernya siswa2 disini disiapin jadi penerus bangsa atau jadi pembantu buat dikirim ke arab ya?
aku sebenernya gak bermasalah ama tidur bentar. yang jadi masalh buatku adalah bangun di pagi hari. aku benci pagi sama kaya voldemort benci harry potter. mungkin aku bakal suka pagi kalo pagi bisa dimulai sekitar jam 12 siang.yang bikin aku gasuka pagi adalah ketika bangun pagi hidup terasa jadi lebih lama dan membosankan.
kamar di asrama selama SMA (kaya penjara tapi rapi)
kamar sekarang di kontrakan (berantakan tapi kaya kamar bneran)

jadi semenjak kuliah, aku selalu ngusahain buat bangun sesiang mungkin. apalagi semenjak semester 4 kita udah bisa milih mata kuliah sendiri, jelas aku bakal milih mata kuliah yang di mulai siang2. sekarang aku jadi sering tidur, hampir setiap siang aku sempetin buat tidur walau sebentar. salah satu hobiku sekarang adalah guling2 walopun belum tentu tidur. tiap malam aku gabakal tidur sebelum jam 12, dan karena faktor tugas2 juga sekarang jam tidurku adalah sekitar jam 2 pagi. hidup terasa lebih nikmat, entah karena kebutuhan biologis terpenuhi, atau hanya karena hasrat dendam lama yang terpenuhi huehuehue..

makan enak

kaya tidur, makan pun selama sma diatur. di asrama ada rumah makan yang selalu nyediain makanan 3 kali sehari buat para siswa dan guru. sebenernya gamasalah kalo makan diatur2 jadwalnya. karena aku emang gabegitu hobi makan (makanya kurus), yg jadi masalah itu adalah menu yang dikasi. bener2 ga berperikemanusiaan (kadang2 berkeperimanusiaan  jg sih). untuk pagi, yang di kasih adalah nasi goreng kering gosong dan telur tawar gajelas, kemudian teh atau teh susu yang dibikinnya pake ember gede kemudian diambil ke gelasnya pake cebok. ini udah cukup buat ngerusak pagi dan mood buat sehari kedepan. untuk siang lebih bervariasi, tapi juga biasanya lauk2 dan sayur yang rasanya gak jelas, terutama kalo lauknya dendeng daging, yang entah beneran daging, atau sendal yang digoreng kemudian dikasi cabe. untuk malam dan siang sebenernya gajauh beda. menu enak biasanya hanya ada hari jumat. sebenernya kita bisa aja sih gamakan di rumah makan dan milih jajanan dikantin kaya bakso dan nasi uduk aja, tapi gamungkin juga kan dengan kiriman yang pas2an makannya beli terus 3 kali sehari.

walopun makanan di Rumah Makan gak enak, tp tetep asik karena bisa ngakak bareng temen2

sejak itu ketika masuk kuliah aku mutusin buat balas dendam ama makanan2 di sma dengan makan enak tiap hari. sekarang hampir tiap hari aku makan ayam (emang makanan favorit), dan gak makan ikan dan sayur. untung banget karena sejak kuliah duit kiriman berkali lipat lebih banyak huehuehue

pakaian

sebenernya kalo dari segi gaya berpakaian aku gak banyak ngubah, masi tetep cupu dan buta fashion. masih hobi pake kemeja dan jaket. yang berubah adalah cara ngurus baju. selama 3 taun sma kita dipaksa bener2 mandiri. ngurus semua sendiri. termasuk nyuci dan nyetrika.dulu hampir tiap minggu nyuci baju adalah kegiatan rutin. kemudian ngejemur dan nyetrika. nyetrika adalah bagian paling sulit dari ngurusin baju. biasanya yang aku setrika cuma baju2 seragam dan yang terlalu kusut. untuk baju kaos dll biasanya langsung aku lipet. sbenernya nyuci dan nyetrika bukan kerjaan berat, yang jadi maslah adalah aku sering kelupaan ngerjainnya. sering banget baju yang harusnya aku pake besok belum dicuci dan masih di keranjang kotor. dan jadinya aku nyuci malem2 kemudian ngegantungnya didepan kipas angin dengan harapan bisa kering sebelum besok pagi. kadang2 yang lebih parah adalah aku baru inget dan nyucinya pas subuh. satu2nya trik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mencuci secepat mungkin, kemudian meremas sekeras mungkin, kemudian langsung di setrika berkali2 hingga kering (dan tentu saja bau haha).

disitu aku sadar aku emang gabakat ngerjain beginian. sejak kuliah aku selalu ngelaundry baju2 bahkan sempak sekaligus dan berjanji gabakal pernah nyentuh yang namanya rinso dan setrika lagi.




Sunday, March 3, 2013

2013 Shake

ini postingan pertama di tahun 2013 *backsound sorak ramai*
awal tahun ini aku udah disibukin oleh yang namanya KP alias kerja praktek. kerja praktek adalah salah satu syarat buat bisa ngambil Tugas Akhir. tempat KPku namanya Pola Data Consultant, bertempat di Maguharjo, Jogja. aku sengaja ngambil KP di Jogja karena kalo jauh2 pasti makan biaya lebih mahal dan akunya emang males nyari2 link ke luar kota. alasan lain adalah biar gak perlu bolos kuliah dan gak perlu ketinggalan daftar ini daftar itu, karena KPnya satu bulan sedangkan libur cuma 2 minggu.
ditempat KP yg temanya perancangan ini kerjanya sebenernya gak berat2 amat. hampir sama kaya kuliah. dari awal sampe akhir aku dan 3 orang temenku lainnya udah ngedesain Mall, Kampus UNY, Outlet Biru distro, dan Kantor konsultan. karena biro tempat kita KP gak gede2 amat jadi kita bisa berpartisipasi dalam semua project.

karena postingan kali ini aku gak punya ide yang spesifik dan lucu, akhirnya aku mutusin buat ngasi rangkuman 2012 dalam satu gambar. gakpenting dan gajelas emang tapi keren kok karena banyak akunya. *dilemparin tomat dan BH*

2012 review gajelas

sekalian nih, karena lagi ngetrend Harlem Shake, aku dan temen2ku sekalian bikin video Harlem shake versi kita pas kita ke pantai kemaren. buat yg belum tau, harlem shake ini sama kaya fenomena Gangnam Style di 2012 kemaren. bedanya disini gerakannya random semua. enjoy!


There was an error in this gadget