Saturday, May 11, 2013

The Effects

dalam kehidupan sehari hari sebnernya banyak pola-pola interaksi yang bisa kita amati. beberapa diantara nya bisa berlaku kepada setiap kelompok sosial. pola-pola tersebut menimbulkan efek-efek tertentu bagi orang-orang. efek-efek ini timbul dikarenakan manusia adalah makhluk yang subjektif sekaligus objektif. berikut adalah efek-efek yang bisa terjadi disekitar kita di kehidupan sehari-hari:

1. The Honeymoon Effect

honeymoon effect adalah efek dimana seseorang (atau mungkin juga sesuatu) terlihat jauh lebih menarik ketika pertama kali bertemu (di awal-awal berkenalan). contohnya adalah ketika kamu memperkenalkan temenmu ke saudaramu. adekmu ini sebenernya mirip banget ama kamu, tapi temenmu pasti bakal bilang,"kok lebih cakepan adekmu daripada kamu hahaha". Honeymoon effect juga biasa terjadi ketika kita pertama kali masuk sekolah/kuliah. semua temen-temen baru kita keliatan jauh lebih menarik daripada temen-temen lama kita, namun dengan berjalannya waktu dan semakin lamanya kita bersama temen-temen baru kita tersebut, kita mulai menurunkan standar-standar yang dari awal sangat tinggi tesebut.


2. The Cheerleader Effect

Cheerleader Effect adalah keadaan dimana cewek-cewek keliatan lebih menarik dan attractive ketika mereka berada/bergerak dalam berkelompok. namun ketika mereka berada dalam keadaan sendiri atau ketika kita amati mereka satu persatu, mereka terlihat kurang menarik dari sebelumnya. Sesuai namanya, cheerleader selalu indentik dengan segerombolan cewek. ini juga adalah salah satu alasan kenapa cewek sukanya bergerombol kemana-mana, bahkan ke WC sekaligus.

tampak cewek ketika berkumpul

setelah diliatin secara individual


3. The Reverse Cheerleader Effect

The Reverse Cheerleader Effect adalah kebalikan dari Cheerleader Effect. efek ini berlaku buat cowok-cowok, dimana cowok-cowok akan keliatan kaya orang2 bandel, douchbag, scumbag, dan kaya berandalan ketika sedang bergerombol. tetapi sebenernya baik dan gentle ketika sedang sendiri.


4. The Oreo Effect

bayangin kamu lagi ngumpul ama temen-temenmu nonton TV. dimeja ada sebungkus Oreo yang masih belum dibuka. si Oreo dibiarin gitu aja karena orang2 pada males buat ngebuka Oreo tersebut. tapi beberapa menit kemudian, salah seorang temenmu yang paling gak pemalas berinisiatif buat ngebuka tuh Oreo, kemudian dia makan satu. tiba-tiba temen-temen yang lain juga ikutan ngambil dan ngemakan Oreo tsb bahkan sampe rebutan. padahal di awal-awal semuanya keliatan gak tertarik tapi sekarang Oreonya tiba-tiba udah abis. kenapa contohnya Oreo karena Oreo adalah contoh cemilan yg paling universal.

jadi inti The Oreo Effect adalah efek yang terjadi setelah ada satu orang yang mengambil inisiatif terlebih dahulu kemudian diikuti oleh orang lain melakukan hal yang sama. contoh lainnya adalah ketika ujian, setengah jam sebelum waktu ujian habis sebenernya orang-orang udah selesai ngerjain jawabannya. tapi belum ada yang berani dan berinisiatif ngumpulin kedepan. tiba2 ada satu orang yang ngumpulin, kemudian yang lain jadi ikut2an ngumpulin dan akhirnya dikelas cuma tinggal beberapa orang aja.


5. Yoyo Effect

Yoyo Effect lebih dikenal disini dengan sebutan PHP. efek ini terjadi ketika seseorang bermain dengan menarik ulur emosimu, menarik ulur seperti bermain yoyo. misalnya ketika mantanmu tiba-tiba memberikan sinyal untuk balikan, namun tiba-tiba setelah itu dia bersikap dingin dan jutek, seolah-olah pengen menjauh dari kamu. selamat, kamu baru saja mengalami yoyo effect.


6. The iPhone Effect

The iPhone Effect adalah kondisi yang paling sering kita temui jaman sekarang. The iPhone Effect terjadi ketika kamu sedang berkumpul dengan teman-temanmu, nongkrong-nongkrong asik, bergurau-gurau, kemudian tiba-tiba salah seorang mengeluarkan hapenya (hape yg paling terkenal adalah iPhone makanya namanya gitu) kemudian sibuk sendiri dengan hapenya, temen-temen yang lain pun tiba-tiba pada ikutan ngeluarin hape dan akhirnya semua sibuk dengan hape masing-masing (online, smsan, dll), setelah itu semua canda gurau dan kontak sosial tiba-tiba meredup gitu aja.


7. The Doughnut Effect

The Doughnut Effect adalah efek ketika kamu menginginkan sesuatu, kemudian mendapatkannya, tapi beberapa saat setelah menggunakan sesuatu tersebut kamu sadar bahwa sbenernya kamu gabegitu suka ama sesuatu itu. hal ini dicontohin paling gampang ama donat, kue yang bentuk dan namanya amat menggiurkan. namun ketika kita beli banyak-banyak ternyata kita cuma pengen makannya beberapa gigit aja. efek ini bisa juga terjadi ama orang yang lagi pdkt, kemudian pacaran, beberapa waktu kemudian udah putus aja. mereka baru saja mengalami cinta donat, ngahngah.


dll.
sumber: pengalaman berinternet

Friday, May 3, 2013

Tipe2 Temen yang Bakal Kamu Temui Selama Kuliah



a.       The Herds

The Herd atau kawanan adalah orang-orang yang menjadi temen sepermainanmu, temen se genk, memiliki ketertarikan dan selera humor yang sama. Menyukai hal yang sama dan membenci hal yg sama. Menghabiskan sebagian besar waktu dengan mereka. Kamu biasanya bakal langsung menemukan temen2 ini begitu masuk kuliah. The Herd sangat penting karena semua orang mungkin mau jadi temenmu, tapi gak semua orang bakal mau jadi temen baikmu.
the Herd adalah teman2 tempatmu minjem duit, yang ngerawatmu kalo sakit, dan orang yang membantumu selama pdkt, dll.

b.      The Geeks

adalah tipe temen yang gila gadget, kemana-mana selalu membawa gadget dan hobi bermain game. Selalu jadi bandar buat ngopi game atau film. Mereka biasanya juga yang jago menggunakan software. Untuk di arsitektur sendiri tipe temen kaya gini pasti bakal dijumpai dimana-mana.

c.       The Nerds

mereka yang gak punya tujuan hidup lain selain mencapai nilai sebagus-bagusnya. Orang kaya gini adalah yang dulunya biasa jadi bahan contekan selama masa SMA. Dia gak peduli temennya berapa atau ada kegiatan menarik apa dikampus selama semua tugas dan nilainya tetep bagus. Tapi mereka adalah orang-orang baik, gak pelit ilmu. Selalu membantu ketika dimintai tolong. Cuma agak sedikit introvert dan susah di ajak gokil-gokilan. Tapi overall, mereka adalah orang2 baik.

d.      The Competitors

ini adalah tipe temen yang mirip kaya nerd. Tapi bedanya, the competitors gak Cuma mengejar nilai bagus. Tetapi juga harus menjatuhkan orang lain. Segala sesuatu dan semuanya dianggap sebagai kompetisi. Mereka akan mengobservasi pekerjaan teman2 yang lain atau bertanya tanya kemudian mengerjakannya lebih dari temen2nya. Jika temen2nya mengerjakan 5 lembar maka ia akan mengerjakan 10 lembar. Sebutan lain untuk the competitors adalah the Pembuat Standars, mengerjakan sesuatu tugas secara berlebihan sehingga temen yang mengerjakan tugas sesuai standar menjadi keliatan jelek. The competitors sebenernya punya banyak temen karena punya sumber daya yg baik tapi sebenernya semua temennya agak gak suka ama dia.

e.      The Assassin

tipe ini adalah mahasiswa yg gak mencolok. Biasanya tenang, kalem, dan gak banyak tingkah. Jarang juga menjadi pusat perhatian, bahkan kadang-kadang keberadaannya gak diperhatiin ama orang, karena dia pengennya emang gitu. Orang yg melihat dia biasanya Cuma mikir kalo ni orang Cuma orang biasa yang kuliah pulang kuliah pulang. Tapi sebenernya dibalik semua itu dia udah menangin berbagai lomba dan sayembara, IP nya diatas 3,5, memiliki kerjaan  parttime, dan melakukan kegiatan2 misalnya kegiatan sosial dan kegiatan bermanfaat lainnya. Dia secara diam2 akan mengobservasi temen2 sekelasnya. Mengamati kebiasaan2 dan kemampuan2 teman sekelasnya. Jadi walaupun keliatan gak peduli tipe the Assassin adalah mereka yang paling mengenal teman2 sekelasnya. Orang yg diam2 tapi punya skill mematikan.

f.        The Merchant

temen kaya gini adalah mereka yang selain kuliah juga berfokus pada berdagang. Selain memandang temen sekampusnya sebagai temen, dia juga memandang mereka sebagai konsumen. The merchant ini menjual bermacam-macam hal, dari kue-kue, baju, buku, obat-obat, bahkan ada juga yang Cuma menjual jasa.

g.       The Informant

Tipe ini adalah mereka mereka yang selalu datang dengan informasi terbaru. The Informant biasanya memiliki skill interaksi social dan sepik yang bagus. Memiliki banyak koneksi dan sering berada dikampus. Biasanya mereka akan muncul di group facebook, twitter, atau BBM memberikan suatu informasi yang berguna banget (misalnya info kuliah, tugas, atau lomba). Dengan skill nya ini The Informant biasanya memiliki banyak teman. nama lain the Informant adalah The EO, karena mereka biasanya juga suka mengkoordinasi apabila ada sebuah acara atau event. the EO akan mengurus segala sesuatunya sehingga teman2nya yang lain tinggal ngikut2 aja.

h.      The BF/GF

selama diperkuliahan adalah masa2 dimana hormon inginus pacaranus kalian akan mencapai titik tertinggi. Orang2 akan mem-bookmark temen2 sekampusnya ketika pertama kali masuk kuliah dan selanjutnya di jadiin target untuk dipacari. BF/GF sangat tergantung tipe kampus dari tempat kalian kuliah. Untuk arsitektur sendiri, memiliki intensitas bertemu temen sesama kelas dan punya tugas yg bejibun sehingga gak ngasi waktu buat berinteraksi dengan temen2 diluar menyebabkan the BF/GF anak2 arsi biasanya adalah anak2 arsi juga.

i.         The Lovers


sambungan dari tipe sebelumnya, tipe ini adalah mereka yg sebagian bersar waktunya akan dihabiskan bersama pacarnya. Kemana-mana selalu bersama. Kalo ingin mencari salah satu dari mereka cukup mencari salah satunya aja. Terkadang  mereka juga terlalu berlebihan sehingga akan terlihat annoying.

j.        The Bluebloods

The Bluebloods adalah mereka yang memiliki gaya hidup yang tinggi. Biasanya mereka adalah yang milih-milih dalam berteman. Mencari teman yang hanya sekasta. Mereka ini biasanya anak pejabat atau pengusaha atau memang keturunan darah biru. Ciri-ciri standarnya adalah menggunakan kendaraan roda empat, semua alat elektroniknya bermerk Apple, selalu makan di tempat mahal, dan berpenampilan bersih. sebenernya gak semua Bluebloods milih milih temen. kadang2 mereka ramah kesemua orang tapi beberapa orang akan segera menyadari bahwa mereka gak punya uang yang cukup untuk mengikuti gaya hidup Bluebloods.

k.       The Friendzoners

Tipe ini adalah mereka yang memiliki wajah yang tampan/menarik/cantik dan memiliki perilaku yang baik dan lemah lembut. Bisa disebut juga sebagai The Disneys karena mereka mirip pangeran/putri2 di film disney. Mereka adalah orang-orang yang murah senyum, gak pernah berkata-kata negatif. The Friendzoners memiliki paling banyak teman, dimana semua teman-temannya memiliki ketertarikan khusus kepadanya. Sifatnya yang murah senyum sering disalah artiin ama teman2nya, yang kemudian diam2 menaruh hati, namun berakhir dengan dicampakkan di lembah friendzone.

l.      The Cursed One

tipe ini adalah tipe paling buruk diantara semua tipe-tipe. Setiap angkatan, baik di sekolah maupun di perkuliahan pasti akan memiliki orang tipe ini. Mereka adalah orang2 yang dikutuk untuk dibenci oleh orang lain. Tipe ini biasanya bermuka jelek dan berkelakuan jelek punya. Sering dibicarakan orang lain tapi gak punya keinginan untuk berubah. Tipe ini akan dijadikan standar untuk hal2 jelek oleh orang lain.
tipe ini biasanya gak punya temen sama sekali karena The cursed one terkenal sangat annoying, sotoy, berhati busuk, dan yang paling parah; bermuka tembok alias gakenal malu. Beberapa orang mungkin akan berteman dengannya, tapi itu Cuma bakal didasari rasa kasian.

m.       The Supernumerary

atau bisa disebut juga sebagai The Figuran, adalah tipe teman yang gak masuk ke salah satu kategori diatas. Mereka adalah temen2 yang kamu tau namanya, tau kalau dia ada, tapi kamu gak tau apa-apa lagi selain itu. Mereka hanya akan terlihat ketika di kelas, dan sesekali terlihat dikampus, selebihnya kalian gak bakal tau.

n.      The Annoyings
tipe ini biasanya suka komplain tentang temen-temen sekampusnya. Selain itu juga hobi ngata2in temennya sebagai hiburan doang. Misalnya menulis di blog dan mengkategorikan temen2nya seenaknya. 

silakan tambah sendiri kalo kamu punya tipe2 yang lain XD

There was an error in this gadget