Saturday, November 2, 2013

Buntu

Chapter I: No Money

malam itu malam minggu tanggal 26 oktober 2013. aku bareng anak2 kontrakan yang emang sebagian besar jomblo ngadain acara bakar2an jagung didepan kontrakan sambil nonton bola. sehabis acara bakar2an, kira2 jam 11, perutku mulai kerasa gak enak. awalnya sih aku biarin aja, karena perutku emang biasa gak enak kalo abis makan sambel dan soda banyak2. lama kelamaan sakitnya makin kerasa, akhirnya aku putusin buat boker, biasanya boker bikin sakit perut ilang. tp ternyata ga ada efek, sakitnya terus menjadi jadi. si Ferdy sempet aku candain, "per, siap2 ya anterin aku ke UGD lg hehe" soalnya beberapa bulan yg lalu aku emang pernah sakit perut parah dan harus di bawa ke UGD Sardjito ama Ferdy. tapi candaanku akhirnya jadi beneran, jam 1 malem rasa sakit prutnya akhirnya bikin aku ngalah. akhirnya aku mutusin buat ke UGD, tp kali ini minta anterin ama Imam.

sesampainya di UGD sardjito, aku langsung di periksa ama dokter. awalnya aku yakin banget kalo usus buntuku yang kambuh. soalnya sakitnya persis banget ama sakit yang aku rasain beberapa bulan yang lalu, sewaktu usus buntuku infeksi. tp dokternya bilang aku cuma asam lambung nya yang naik. karena kebanyakan makan soda dan sambal. akhirnya aku nurut aja. kemudian aku dikasi resep dan di suruh ke farmasi. begoknya, aku ama imam gak ada yang ngebawa duit. awalnya aku pengen bayar pake kartu atm, tp setelah aku liat dompet kartu atm tiba2 udah ilang. mungkin jatoh pas t adi panik karena sakit perut. tp ternyata si imam kebetulan megang duit 100ribu, sayangnya,harga semua obatnya totalnya 150ribu. dan jadilah si Imam nawar sama mas2 farmasinya,akhirnya ada obat yang gajadi dibeli karena duitnya gak cukup. naas.

Chapter II: No Gas

jam 2 aku ama Imam balik lagi ke kontrakan. obat yang tadi udah dibeli pake nego langsung aku minum. dari jam 2 sampai subuh sekitar jam 5, sakitnya gak berkurang sedikit pun. sepanjang 3 jam malah itu aku habisin buat mengerang-ngerang sambil guling sana guling sini. awalnya aku pikir obatnya emang bakal makan waktu lama buat bereaksi. tapi sampai subuh tetep belum ngefek. yang aku rasain waktu itu adalah sakit perut bagian tengah yang luar biasa. aku gak bisa mikir lurus. pikiran berkecamuk. semua referensi yang pernah aku temui di sepanjang hidup tiba-tiba lalu lalang di kepalaku. film-film, foto, orang-orang, peristiwa, semuanya. entah apa hubungannya dengan rasa sakitnya. bahkan aku sempat terbersit buat bunuh diri. yep, sakitnya gitu banget sampe-sampe aku mikir alternatif se gila itu. bukti nyatanya, beberapa kali aku sempet benturin kepala ke dinding, berharap pingsan, hilang kesadaran dan kabur dari rasa sakitnya wlopun sesaat. tapi untung otakku masih mikirin dirinya, dan segera aku berhenti ngelakuin itu.

pernahkah kamu ngerasain sakit sampe kamu pikir mati pun kayanya lebih enak daripada nahan sakitnya? yep, kira2 gitulah kalo aku disuruh ngedeskripsiin rasa sakitnya.

ketika pikiran berkecamuk sambil menahan sakit, dari semua hal yang lalu lalang di kepala tak karuan. ada satu hal yang tetap konstan muncul dipikiranmu, yaitu orang-orang yang kamu peduliin. keluarga dan teman-teman tertentu, mereka menetap dipikiran seolah-olah ngebantu nahan rasa sakit. sebenernya aku bersyukur pernah dikasi rasa sakit kaya gitu, dari situ aku sekarang tau, siapa aja sebenernya orang-orang yang bener2 aku peduliin dan menurut aku penting selama ini.

beberapa kali aku smpet melakukan muntah secara manual. beberapa kali aku ke wc, kemudian mencongkel tenggorokan dengan telunjuk sehingga mual trus muntah. aku lakuin itu berkali-kali sampe gada lagi yang bisa aku muntahin dengan harapan bisa ngurangin rasa sakitnya. tapi ternyata gak ngefek, malah bikin lemes.
akhirnya aku nyerah, anak2 kontrakan lagi pada tidur. aku emang berusaha buat ngerang sekecil mungkin biar gak ngebangunin yang lain. waktu itu cuma faris yang kamarnya kebuka, karena biasanya dia emang tidur dengan kamar terbuka. dengan sisa tenaga aku merangkak (yep, merangkak, kaya tentara kakinya abis di tembak) ke kamar Faris, dengan terpaksa aku bangunin.
"is...is..."
"(pelan2 buka mata) ya knapa ner?"
"tolong anterin ke sardjito dong, perutku sakit banget, tapi aku minjem duit ya.."
"(tersentak kaget) astaga neeer, yok yok bentar ya.."
setelah solat Faris langsung nyalain motornya dan kami langsung cabut ke sardjito. namun tiba-tiba di tengah jalan motornya si Faris mogok dan mati. awalnya aku pikir karena dingin mesinnya mogok-mogok. tapi ternyata kita kehabisan bensin. kampret.
si Faris pun panik di tengah jalan, sedangkan aku masih bertahan dengan meringis di belakang. beberapa saat Faris sempet panik, karena masih pagi jadi belum ada toko yang buka. akhirnya Faris ngambil keputusan
"ner, motornya aku pinggirin dulu ya, kamu tunggu disini ama motornya, aku lari dulu ke kontrakan minjem motor yang lain, ok?"
sebenernya aku agak kesel, tp udah gak punya tenaga buat komentar. akhirnya aku duduk di pinggir trotoar sedang Faris langsung maraton balik ke kontrakan. orang-orang yang lewat pagi itu kebanyakan orang yang lagi Jogging, mereka cuma bisa ngeliat heran ama orang yang duduk di trotoar disamping motor sambil meringis kesakitan. sekitar 10 menit kemudian Faris balik bersama motor Prata dan Pratanya. akhirnya aku dan Faris langsung jalan sedang Prata ngurusin bensin motornya si Faris. tp ternyata beberapa meter di depan kita ada toko yang buka DAN NGEJUAL BENSIN. fak.

sesampainya di RS Sardjito (lagi), aku langsung daftar lagi. tp mbaknya ternyata inget ama aku dan nyuruh aku langsung masuk ke UGD buat ketemu dokter yang meriksa aku tadi. setelah nunggu beberapa saat akhirnya dokternya muncul sambil marahin," masi sakit mas? mas siiih, tadi kan saya nawarin disuntik, masnya malah minta pil". ebuset, orang sakit di marah-marahin, untung dokternya cewek dan manis, kalo gak udah ku kencingin tuh. akhirnya aku dikasi suntikan penghilang rasa nyeri, 15 menit kemudian sakitnya berangsur-angsur hilang dan aku sempet ketiduran di ruang diagnosanya. di situ aku ngeliat si Faris dan Prata sedang ketiduran di ruang tunggu. setelah itu kami langsung balik lagi.

Chapter III: No..oooo!

setelah pulang dari Sardjito (lagi) sekitar jam 6 pagi. aku pun akhirnya bisa tidur dengan tenang. obat penghilang nyerinya ampuh banget. sekitar jam 10 aku bangun dan langsung ngasi tau mama kalo tadi masuk rumah sakit tapi sekarang udah baik-baik aja. nahan sakit semaleman dan muntah sampe perut kosong melompong bikin aku lemes. dengan sisa tenaga aku langsung ke burjo dan makan nasi ayam. tapi entah kenapa selera makan bener-bener gak ada dan akhirnya cuma makan beberapa sendok, untung aja masih punya selera buat neguk segelas es Energen.
sempai siang aku habisin waktu dikamar, online sambil ngechat temen2 yang mungkin ngerti dan pernah ngalamin sakit perut kaya aku dan dari situ aku dapet banyak masukan. namun kira2 jam 1 siang, perutku mulai menunjukkan gejala bakal sakit lagi. tapi kali ini aku tau, ini bakal berakhir dengan sakit luar biasa dan aku bakal ngerang-ngerang gak berdaya lagi. experience is the best teacher. akhirnya aku mutusin buat ke rumah sakit lagi, tapi aku mikir, rumah sakit mana kali ini? RS Sardjito jelas-jelas gak peduli ama yang namanya diagnosa dan pelayanannya jelek banget. buktinya udah 2 kali aku kesana masih kena sakit yang sama. selagi mikir tiba-tiba sakitnya udah langsung menggila ke level meringis-ringis. kemungkinan besar efek obat penenangnya udah abis. akhirnya aku mutusin buat pergi ke Panti Rapih aja, rumah sakitnya cukup deket dan walopun swasta tapi gak begitu mahal.

sambil meringis aku merangkak (LAGI) keluar kamar, tapi kali ini ke kamar siapa? penghuni kontrakan sebenernya ada 6 orang: aku, Faris, Prata, Imam, Ferdy dan Dwiky. hampir semua udah pernah aku repotin buat nganterin ke rumah sakit. cuma Dwiky yang belum. akhirnya aku merangkak ke kamar Dwiky dan dianya lagi maen game online.
"wik, anterin ke Panti Rapih dong..."
"kamu sakit lagi? yoklah.."
setelah itu kami langsung cabut ke Panti Rapih, tapi kali ini Dwiky bawa uang yang cukup dan motor yang bensinnya penuh. sesampainya di Panti Rapih kamu langsung ke UGD. pelayanannya jelas lebih baik daripada di Sardjito. di situ aku disuruh langsung ke ruang diagnosa buat diperiksa ama dokternya (tetep sambil meringis ringis). sebelum diperiksa aku dikasih suntikan penghilang nyeri lagi. setelah itu langsung diperiksa ama dokternya. ada dialog dan kejadian yang dodol dan harusnya gak perlu terjadi disini..:

aku: dok, yang sakit perut saya yang tengah bawah..
dokter: disini? (sambil mencet-mencet perut)
aku: iya dok, tapi kok testis saya juga sakit ya? (padahal ternyata cuma sugesti aja sakitnya)
dokter: oh iya? bengkak gak?
aku: gatau dok, kayanya sih nggak
dokter: yaudah kalo gitu saya periksa ya
kemudian pelan-pelan dokternya ngebuka celanaku, beberapa saat aku smpet mikir, kayanya adegan kaya gini sering aku liat deh. kemudian aku nyadar, ini adegan yang sering muncul di film bokep. syit.
dokter: (sambil meremas-remas testisku (IYA, TITITKU DIREMAS-REMAS)) sini sakit? yang kiri sakit?
aku: nggak dok nggak...

begitulah, orang pertama yang megang titit aku adalah seorang dokter. seorang dokter COWOK. seorang dokter COWOK MUDA. seorang dokter COWOK MUDA GANTENG. tidaaaaaaaakkk!!
dan aku juga gak tau, tadi apakah dia pake sarung tangan apa enggak. tidaaaaaaaakkk!
dan belakangan aku baru tau, usus buntu GA ADA hubungannya sama sekali ama sakit titit. tidaaaaaaakkk!!

akhirnya setelah didiagnosa dokternya nyaranin aku buat di USG. ituloh alat ultrasonik yang biasa dipake buat ngeliat bayi di ibu-ibu hamil. sesampainya di ruang USG, aku ama Dwiky sempet mainin alat-alatnya karena emang baru pertama kali liat. kemudian setelah diperiksa dokter, aku positif kena usus buntu. setelah ngabarin orang rumah aku pun akhirnya diopname untuk dioperasi besoknya.

nyoba2 nge-USG ketek. ternyata gabisa

waktu itu aku langsung ngubungin Dea. Dea ini temen deket sejak SMA dan dia sekarang kuliah di jurusan Kedokteran, dan juga tahun lalu dia juga pernah di operasi karena usus buntu. setelah aku kasih tau aku sakit si Dea langsung nyusul ke rumah sakit. selama dirumah sakit Dea banyak banget ngebantuin, dari mulai milih alternatif pengobatan sampai konsultasi dengan dokternya. bener2 calon dokter masa depan. bahkan di hari pertama itu dia ngorbanin diri buat jagain aku semaleman di rumah sakit sampe2 dia dimarahin pacarnya. bener2 dah, berapa orang lagi nih yang harus kerepotan gara2 aku. tapi tanpa mereka, mungkin sekarang aku udah jadi bangke di kamar.
kekampretan rumah sakit #1: makanannya tawar bet kaya liur sapi


Chapter IV: No Mercy

paginya, suster ngasi tau kalo operasi bakal dilaksanain siang nanti. semua urusan administrasi diurusin ama Dwiky dan pacaranya, Anin. urusan konsultasi dengan dokter dan alternatif2 ditanganin Dea. untuk urusan di kampus diurusin ama anak2 kontrakan. waktu itu mama selalu nelpon dan selalu bilang kalo dia mau langsung terbang ke Jogja. tapi aku larang, karena bakal makan biaya, waktu, dan tenaga yang gak sedikit. setelah saling maksa, akhirnya mama dan papa setuju buat gak ke Jogja. sebenernya aku pengen banget ada mama disitu biar ada yang ngasi dukungan moral dan ngurusin aku, tapi sebagai anak cowok dan anak sulung, gengsi bet rasanya. I can handle myself mom. lagian ada temen2 yang bantuin.
kekampretan rumah sakit #2: seragamnya menandakan hilangnya harapan

ada lagi kejadian dodol yang seharusnya juga gak perlu. dan juga berkaitan dengan titit. sebelum operasi, suster nyuruh aku buat nyukur tubuh bagian 'itu' soalnya bakal dibedah. akhirnya pas mandi aku pun ngabisin waktu lama buat nyukur bagian 'itu' sampai aku pikir bersih. tepat sebelum di operasi, susternya ngecek lagi dan ternyata yang disuruh cukur bukan itu, melainkan bulu2 di perut dibawah pusar doang yang malah belum aku cukur. what. the. fuck. akhirnya sambil ngomel2 susternya nyukurin bulu di perutku.

setelah semua penjelasan tentang operasinya selesai (yang diurusin Dea lagi). aku pun dibawa keruang bedah. emang aneh mungkin, tapi jujur, aku excited banget pas mau operasi. entah kenapa, mgkin karena pengalaman seumur hidup, atau karena hobiku yang nonton film thriller yang melibatkan potong memotong perut orang.
ceritanya lagi pura2 koma biar orang kasian dan simpati

sesampainya di ruang bedah, aku bertemu dengan beberapa dokter yang lagi ngobrol dengan bahasa jawa. waktu itu aku ngerasa udah pusing sebelum dibius ngedenger mereka ngobrol dengan bahasa yang gak aku ngerti (rasis haha). kemudian salah seorang dokter nyuruh aku duduk sambil meluk bantal dan bilang jangan banyak gerak. tiba tiba jarum suntik panjang langsung ditusukin kepunggungku sampe masuk ketulang dan itu lumayan sakit kampret. selagi anestesinya nunggu efek, lagi lagi ternyadi percakapan absurd antara aku dan dokternya
dokter: masih kuliah mas?
aku: masih dok, di arsitektur UGM.
dokter: ooh. masih perjaka gak?
aku:.....masih dok
dokter: aaaaah rugi! saya aja SMA udah gak perjaka
aku: ahaha...ha.haha..h..a..
dokter: pacarnya mana mas?
aku: gapunya dok
dokter: masa gapunya, rugi.

aku sebenernya heran juga, sejak awal masuk rumah sakit ini sampe sekarang entah udah berapa kali aku ditanyain punya pacar apa nggak. baik ama suster maupun dokternya. emang aturan rumah sakit ini kali ya, setiap suster dan dokter, wajib menanyakan status para pasiennya. kampret.
setelah anestesinya bkerja, setengah badanku dari peruk sampe ujung kaki mulai gak kerasa. ternyata aku cm dibius setengah doang, jadi aku tetep sadar waktu dokternya mempreteli isi perutku. beberapa kali aku bahkan bilang "aw, aw, adedeh aw." padahal sbnernya gak sakit, cuma kerasa doang. tapi waktu itu aku juga dikasi suntikan semacam penenang gitu. aku gak tau itu apa, tapi kemungkinan besar ada unsur narkotika yang cukup keras. soalnya setelah disuntikin aku ngerasa langsung ngefly, pandangan bergoyang goyang. aku bahkan gak bisa lagi ngebedain antara ngebuka mata dan nutup mata. semua yang aku liat dan aku imajinasiin rasanya nyata banget. aku gak bisa ngingat begitu jelas semuanya tapi seingetku aku pernah ngebayangin sedang berada di dalam pesawat ruang angkasa dan para dokternya keliat make baju astronot semua. sumpah keren banget. mungkin karena itu kali ya orang keenakan pake narkoba.

beberapa saat kemudian aku hilang kesadaran. dan setelah bangun aku lagi didorong ama susternya dan dia bilang operasinya selesai. aku dibawa kesuatu ruang yang isinya orang-orang kayanya aku. bedanya, mereka gak bergerak sama sekali. awalnya aku pikir aku udah mati dan dibawa ke kamar mayat. tapi ruangannya berisik dan kamar mayat gak mungkin berisik. efek obat nya masih bikin pandanganku melayang-layang dan entah kenapa bikin aku mukul2 besi kasur sampe bikin para susternya kesel. ternyata aku sedang berada di ruang pemulihan. setelah stabil aku langsung dibawa kembali ke kamar dan disuruh tidur. temen2 bilang, katanya pertama yang aku ucapin begitu keluar dari ruang bedah adalah "I can't feel my dick" dan bukannya alhamdulillah atau sejenisnya. sebenernya aku kurang begitu inget tapi temen2 bilang setelah operasi aku sempet meracau gajelas. mgkin krena efek obat penenangnya.
abis operasi langsung agak ngondek gitu jadinya

pertama kali dikasi liat foto ini, aku pikir titiku yang dipotong. ternyata ini usus buntunya.

orang bilang, bagian paling sakit dari operasi adalah pas pasca-operasi. dan itu emang bener. malamnya setelah operasi. aku mulai ngerasain sakit yang luar biasa. bahkan sakitnya lebih parah daripada sakit daripada sebelum di operasi. yang parah lagi, sakitnya bukan sekedar bekas luka operasi tapi juga daerah lain disekitar perut. malamnya efek obat biusnya mulai hilang. aku udah bisa ngerasain kaki dan tititku lagi. sekarang aku udah berani makan dan minum karena udah gak takut lagi bakal berak atau pipis tanpa sadar. tapi ternyata dugaanku salah besar. efek obat biusnya emang udah ga ada untuk tubuh bagian luar, tapi ternyata organ dalem masih kebas dan belum bisa konstraksi. sekitar tengah malem aku mulai kebelet pipis, tapi kencingnya gabisa keluar. makin lama rasa kebeletnya makin besar. kandung kemih rasanya mau pecah tapi tetep gakeluar. beberapa jam aku nahan kencing sekaligus nahan sakit yang makin lama makin menjadi jadi, beberapa kali aku panggil suster dan mereka cuma ngasi tau kalo itu emang biasa. setelah gak tahan lagi, aku memohon ama susternya buat ngasih alternatif buat ngilangin sakitnya.

akhirnya suster nyaranin buat masang kateter. kateter ini alat macam selang yang dimasukin ke titit kita sampe kandung kemih biar urinnya keluar sendiri gitu. walopun kedengerannya ngeri tapi aku gak punya pilihan lain selain ngiyain. dan akhirnya susternya masang kateter (pas masangnya sakitnya naujubilahh) dan sakitnya lumayan ilang. kemudian timbul masalah lagi. kateter ini malah yang sekarang bikin rasa nyeri luar biasa. beberapa jam aku nahan sakit (lagi) karena kata susternya sakit karena kateter emang biasa. tapi sakitnya luar biasa sampe bkin seluruh badan aku keram. bahkan muka juga sampe ikutan keram dan kesemutan. akhirnya sekitar subuh aku udah gak tahan lagi dan minta tolong Ferdy yg kebetulan waktu itu ngindep buat manggiling suster biar kateternya dicopot aja.
suster: kalo ini dicopot tar masnya kalo mau pipis gmana dong?
aku: gapapa sus copot aja plis sus (ini aku ngomongnya sambil terbata bata nahan sakit)
akhrinya suster nyabut kateternya (dan pas dicabut sakitnya juga naujubilahh) kemudian nyuntikin (aku gatau apa yg disuntikin) yang bikin aku tiba-tiba ngantuk dan ketiduran. dan fix lah aku semalaman gada tidur. lega banget rasanya neraka semalam itu berakhir.

paginya, aku tiba2 dibangunin suster buat dimandiin dan digantiin baju yang langsung aku tolak semua. emangnya bayi dimandiin digantiin baju. siangnya aku langsung nyoba buat duduk, kemudian langsung nyoba buat jalan. dan hal yang paling nyenengin adalah sekarang udah bisa pipis sendiri mehmeh. siang itu dokternya dateng meriksa lagi dan bilang udah boleh pulang kalo mau dan makan gak ada pantangan (jadi yang ngasi pantangan itu biasanya malah kerabat2 pasien). setelah ngeliat tagihan biayanya, akupun mutusin buat pulang hari itu juga karena juga udah merasa lumayan. badass.
hey I'm okay!


Chapter V: No More

beberapa bulan yang lalu, aku pernah dapet sakit yang persis sama. tapi waktu itu masih infeksi dan bisa ditangani dengan obat doang. bener-bener gak nyangka bisa bakal sampe separah ini.

selama sakit selain temen2 kontrakan. temen2 lain juga datang silih berganti ngejengukin, bahkan temen2 yang tak terduga sekaligus. keluarga, terutama sepupu-sepupu yang kuliah di jogja juga datang ngejenguk. dan temen-temen yang gabisa dateng ngasih support lewat sosial media. ternyata sakit bikin kita tau bahwa ternyata sebenernya banyak orang-orang yang peduli ama kita, walopun selama ini kita gak nyadar. oh ya, dan kayanya aku harus mulai giat nyari pacar, soalnya kemaren pas sakit kayanya bakal enak banget seandainya ada pacar...lol jk.

Monday, June 10, 2013

Shit Mahasiswa Arsitektur Said

berikut adalah percakapan, frase, kalimat, pertanyaan dan statement yang bakal sering kalian dengar dan temui di kalangan mahasiswa arsitektur. (well setidaknya dikalangan anak arsi ugm)


"Bugsplat sialaann!"
"untung ada file autosavenya"
"argh ngehang!"
"wih banyak banget postermu, abis berapa nih?"
"anjrit keren banget renderanmu"
"print A3 yang murah dimana ya?"
"eh TAin aku dong"
"dosennya dah masuk belum?"
"ini cutting? abis berapa?"
"dosen studiomu siapa?"
"tidur gak semalem?"
"kantin yok!"
"wih render pake apa nih?"
"ini render apa foto??"
"ini render apa montase doang?"
"eh ada flashdisk gak? minjem dong"
"eh ada pulpen gak? minjem dong" (trus gadibalikin)
"punya installer [nama software] gak? bagi dong"
*nunggu renderan sambil tiduran*
"bikin maket skala berapa nih?"
"piye?"
"bikin maket struktur gak?"
"itu tugasnya dikumpul dalam format apa sih?"
"udah ngeprint belum?"
"perpus yok"
"eh udah dapet kelompok belum? bareng yok"
"WIH NIAAATT.."
"udah bikin tugas [nama mata kuliah] belum?" (dan jawabannya pasti selalu "belum")
*tidur pas dosen ngasi kuliah*
"berapa lembar postermu?"
"maketmu monokrom apa warna?"
"saya ngajar disini belum lama ya, baru 30 tahun.." (inside joke :)))
*melet-melet*
"abis ini mau hibernasi pokoknya"
"[nama tempat print2an] rame gak?"
"lagi bikin apa kamu?"
"siaal ketiduraaaan T_T"
"laper..."
"ngantuk..."
"studio dah sampai mana?"
"di [nama toko kertas] masih ada jual mounting gak?"
"ada colokan masih kosong gak?"
"eh batremu dah penuh belum? gantian dong"
"wah laptopku gabisa kalo gak pake colokan, langsung mati ntar"
"AWW!" (luka kena cutter lol)
"kamarku berantakan banget.."
"gimana mau dapat pacar kalo malam mingguan aja bikin tugas.."
"kangen rumah.."
"malem ini begadang di studio gak?"
"punya materi dari [nama dosen] gak? ngopy dong.."
*klik klik, klik klik*
"ngopi sek yok.."
"eh tugas [nama matkul] dikumpulnya kapan toh?"
"eh tugas [nama matkul] itu individu apa kelompok?"
"eh puter musik dong.."
"wah sori ya aku gak bisa lagi banyak deadline nih"
"inspirasi datanglaaaah."
"aargh belom ke save!"
"yang belum sarapan, yang belum sarapan, kuenyaa.." (inside joke lol)
"eh [nama matkul] ntar ada ujiannya gak sih?"
"eh ini CAD ku kok ngeplotnya gabener ya.."
"ajarin make 3Dsmax dong.."
"aku ngasal nih, yang penting jadi aja.."
"delivery makan yuk.."
"eh punya mouse lagi gak? minjem dong.."
"butuh mood booster nih.."
"eh pengajaran masih buka gak?"
"alhamdulilah masih smpet tidur walo cuma satu jam.."
"pokoknya hari ini 3Dnya udah harus jadi.."
"kamu ngambil matkul pilihan apa aja?"
"groook...groookkk.." (ceritanya ngorok, wakakak)



Saturday, May 11, 2013

The Effects

dalam kehidupan sehari hari sebnernya banyak pola-pola interaksi yang bisa kita amati. beberapa diantara nya bisa berlaku kepada setiap kelompok sosial. pola-pola tersebut menimbulkan efek-efek tertentu bagi orang-orang. efek-efek ini timbul dikarenakan manusia adalah makhluk yang subjektif sekaligus objektif. berikut adalah efek-efek yang bisa terjadi disekitar kita di kehidupan sehari-hari:

1. The Honeymoon Effect

honeymoon effect adalah efek dimana seseorang (atau mungkin juga sesuatu) terlihat jauh lebih menarik ketika pertama kali bertemu (di awal-awal berkenalan). contohnya adalah ketika kamu memperkenalkan temenmu ke saudaramu. adekmu ini sebenernya mirip banget ama kamu, tapi temenmu pasti bakal bilang,"kok lebih cakepan adekmu daripada kamu hahaha". Honeymoon effect juga biasa terjadi ketika kita pertama kali masuk sekolah/kuliah. semua temen-temen baru kita keliatan jauh lebih menarik daripada temen-temen lama kita, namun dengan berjalannya waktu dan semakin lamanya kita bersama temen-temen baru kita tersebut, kita mulai menurunkan standar-standar yang dari awal sangat tinggi tesebut.


2. The Cheerleader Effect

Cheerleader Effect adalah keadaan dimana cewek-cewek keliatan lebih menarik dan attractive ketika mereka berada/bergerak dalam berkelompok. namun ketika mereka berada dalam keadaan sendiri atau ketika kita amati mereka satu persatu, mereka terlihat kurang menarik dari sebelumnya. Sesuai namanya, cheerleader selalu indentik dengan segerombolan cewek. ini juga adalah salah satu alasan kenapa cewek sukanya bergerombol kemana-mana, bahkan ke WC sekaligus.

tampak cewek ketika berkumpul

setelah diliatin secara individual


3. The Reverse Cheerleader Effect

The Reverse Cheerleader Effect adalah kebalikan dari Cheerleader Effect. efek ini berlaku buat cowok-cowok, dimana cowok-cowok akan keliatan kaya orang2 bandel, douchbag, scumbag, dan kaya berandalan ketika sedang bergerombol. tetapi sebenernya baik dan gentle ketika sedang sendiri.


4. The Oreo Effect

bayangin kamu lagi ngumpul ama temen-temenmu nonton TV. dimeja ada sebungkus Oreo yang masih belum dibuka. si Oreo dibiarin gitu aja karena orang2 pada males buat ngebuka Oreo tersebut. tapi beberapa menit kemudian, salah seorang temenmu yang paling gak pemalas berinisiatif buat ngebuka tuh Oreo, kemudian dia makan satu. tiba-tiba temen-temen yang lain juga ikutan ngambil dan ngemakan Oreo tsb bahkan sampe rebutan. padahal di awal-awal semuanya keliatan gak tertarik tapi sekarang Oreonya tiba-tiba udah abis. kenapa contohnya Oreo karena Oreo adalah contoh cemilan yg paling universal.

jadi inti The Oreo Effect adalah efek yang terjadi setelah ada satu orang yang mengambil inisiatif terlebih dahulu kemudian diikuti oleh orang lain melakukan hal yang sama. contoh lainnya adalah ketika ujian, setengah jam sebelum waktu ujian habis sebenernya orang-orang udah selesai ngerjain jawabannya. tapi belum ada yang berani dan berinisiatif ngumpulin kedepan. tiba2 ada satu orang yang ngumpulin, kemudian yang lain jadi ikut2an ngumpulin dan akhirnya dikelas cuma tinggal beberapa orang aja.


5. Yoyo Effect

Yoyo Effect lebih dikenal disini dengan sebutan PHP. efek ini terjadi ketika seseorang bermain dengan menarik ulur emosimu, menarik ulur seperti bermain yoyo. misalnya ketika mantanmu tiba-tiba memberikan sinyal untuk balikan, namun tiba-tiba setelah itu dia bersikap dingin dan jutek, seolah-olah pengen menjauh dari kamu. selamat, kamu baru saja mengalami yoyo effect.


6. The iPhone Effect

The iPhone Effect adalah kondisi yang paling sering kita temui jaman sekarang. The iPhone Effect terjadi ketika kamu sedang berkumpul dengan teman-temanmu, nongkrong-nongkrong asik, bergurau-gurau, kemudian tiba-tiba salah seorang mengeluarkan hapenya (hape yg paling terkenal adalah iPhone makanya namanya gitu) kemudian sibuk sendiri dengan hapenya, temen-temen yang lain pun tiba-tiba pada ikutan ngeluarin hape dan akhirnya semua sibuk dengan hape masing-masing (online, smsan, dll), setelah itu semua canda gurau dan kontak sosial tiba-tiba meredup gitu aja.


7. The Doughnut Effect

The Doughnut Effect adalah efek ketika kamu menginginkan sesuatu, kemudian mendapatkannya, tapi beberapa saat setelah menggunakan sesuatu tersebut kamu sadar bahwa sbenernya kamu gabegitu suka ama sesuatu itu. hal ini dicontohin paling gampang ama donat, kue yang bentuk dan namanya amat menggiurkan. namun ketika kita beli banyak-banyak ternyata kita cuma pengen makannya beberapa gigit aja. efek ini bisa juga terjadi ama orang yang lagi pdkt, kemudian pacaran, beberapa waktu kemudian udah putus aja. mereka baru saja mengalami cinta donat, ngahngah.


dll.
sumber: pengalaman berinternet

Friday, May 3, 2013

Tipe2 Temen yang Bakal Kamu Temui Selama Kuliah



a.       The Herds

The Herd atau kawanan adalah orang-orang yang menjadi temen sepermainanmu, temen se genk, memiliki ketertarikan dan selera humor yang sama. Menyukai hal yang sama dan membenci hal yg sama. Menghabiskan sebagian besar waktu dengan mereka. Kamu biasanya bakal langsung menemukan temen2 ini begitu masuk kuliah. The Herd sangat penting karena semua orang mungkin mau jadi temenmu, tapi gak semua orang bakal mau jadi temen baikmu.
the Herd adalah teman2 tempatmu minjem duit, yang ngerawatmu kalo sakit, dan orang yang membantumu selama pdkt, dll.

b.      The Geeks

adalah tipe temen yang gila gadget, kemana-mana selalu membawa gadget dan hobi bermain game. Selalu jadi bandar buat ngopi game atau film. Mereka biasanya juga yang jago menggunakan software. Untuk di arsitektur sendiri tipe temen kaya gini pasti bakal dijumpai dimana-mana.

c.       The Nerds

mereka yang gak punya tujuan hidup lain selain mencapai nilai sebagus-bagusnya. Orang kaya gini adalah yang dulunya biasa jadi bahan contekan selama masa SMA. Dia gak peduli temennya berapa atau ada kegiatan menarik apa dikampus selama semua tugas dan nilainya tetep bagus. Tapi mereka adalah orang-orang baik, gak pelit ilmu. Selalu membantu ketika dimintai tolong. Cuma agak sedikit introvert dan susah di ajak gokil-gokilan. Tapi overall, mereka adalah orang2 baik.

d.      The Competitors

ini adalah tipe temen yang mirip kaya nerd. Tapi bedanya, the competitors gak Cuma mengejar nilai bagus. Tetapi juga harus menjatuhkan orang lain. Segala sesuatu dan semuanya dianggap sebagai kompetisi. Mereka akan mengobservasi pekerjaan teman2 yang lain atau bertanya tanya kemudian mengerjakannya lebih dari temen2nya. Jika temen2nya mengerjakan 5 lembar maka ia akan mengerjakan 10 lembar. Sebutan lain untuk the competitors adalah the Pembuat Standars, mengerjakan sesuatu tugas secara berlebihan sehingga temen yang mengerjakan tugas sesuai standar menjadi keliatan jelek. The competitors sebenernya punya banyak temen karena punya sumber daya yg baik tapi sebenernya semua temennya agak gak suka ama dia.

e.      The Assassin

tipe ini adalah mahasiswa yg gak mencolok. Biasanya tenang, kalem, dan gak banyak tingkah. Jarang juga menjadi pusat perhatian, bahkan kadang-kadang keberadaannya gak diperhatiin ama orang, karena dia pengennya emang gitu. Orang yg melihat dia biasanya Cuma mikir kalo ni orang Cuma orang biasa yang kuliah pulang kuliah pulang. Tapi sebenernya dibalik semua itu dia udah menangin berbagai lomba dan sayembara, IP nya diatas 3,5, memiliki kerjaan  parttime, dan melakukan kegiatan2 misalnya kegiatan sosial dan kegiatan bermanfaat lainnya. Dia secara diam2 akan mengobservasi temen2 sekelasnya. Mengamati kebiasaan2 dan kemampuan2 teman sekelasnya. Jadi walaupun keliatan gak peduli tipe the Assassin adalah mereka yang paling mengenal teman2 sekelasnya. Orang yg diam2 tapi punya skill mematikan.

f.        The Merchant

temen kaya gini adalah mereka yang selain kuliah juga berfokus pada berdagang. Selain memandang temen sekampusnya sebagai temen, dia juga memandang mereka sebagai konsumen. The merchant ini menjual bermacam-macam hal, dari kue-kue, baju, buku, obat-obat, bahkan ada juga yang Cuma menjual jasa.

g.       The Informant

Tipe ini adalah mereka mereka yang selalu datang dengan informasi terbaru. The Informant biasanya memiliki skill interaksi social dan sepik yang bagus. Memiliki banyak koneksi dan sering berada dikampus. Biasanya mereka akan muncul di group facebook, twitter, atau BBM memberikan suatu informasi yang berguna banget (misalnya info kuliah, tugas, atau lomba). Dengan skill nya ini The Informant biasanya memiliki banyak teman. nama lain the Informant adalah The EO, karena mereka biasanya juga suka mengkoordinasi apabila ada sebuah acara atau event. the EO akan mengurus segala sesuatunya sehingga teman2nya yang lain tinggal ngikut2 aja.

h.      The BF/GF

selama diperkuliahan adalah masa2 dimana hormon inginus pacaranus kalian akan mencapai titik tertinggi. Orang2 akan mem-bookmark temen2 sekampusnya ketika pertama kali masuk kuliah dan selanjutnya di jadiin target untuk dipacari. BF/GF sangat tergantung tipe kampus dari tempat kalian kuliah. Untuk arsitektur sendiri, memiliki intensitas bertemu temen sesama kelas dan punya tugas yg bejibun sehingga gak ngasi waktu buat berinteraksi dengan temen2 diluar menyebabkan the BF/GF anak2 arsi biasanya adalah anak2 arsi juga.

i.         The Lovers


sambungan dari tipe sebelumnya, tipe ini adalah mereka yg sebagian bersar waktunya akan dihabiskan bersama pacarnya. Kemana-mana selalu bersama. Kalo ingin mencari salah satu dari mereka cukup mencari salah satunya aja. Terkadang  mereka juga terlalu berlebihan sehingga akan terlihat annoying.

j.        The Bluebloods

The Bluebloods adalah mereka yang memiliki gaya hidup yang tinggi. Biasanya mereka adalah yang milih-milih dalam berteman. Mencari teman yang hanya sekasta. Mereka ini biasanya anak pejabat atau pengusaha atau memang keturunan darah biru. Ciri-ciri standarnya adalah menggunakan kendaraan roda empat, semua alat elektroniknya bermerk Apple, selalu makan di tempat mahal, dan berpenampilan bersih. sebenernya gak semua Bluebloods milih milih temen. kadang2 mereka ramah kesemua orang tapi beberapa orang akan segera menyadari bahwa mereka gak punya uang yang cukup untuk mengikuti gaya hidup Bluebloods.

k.       The Friendzoners

Tipe ini adalah mereka yang memiliki wajah yang tampan/menarik/cantik dan memiliki perilaku yang baik dan lemah lembut. Bisa disebut juga sebagai The Disneys karena mereka mirip pangeran/putri2 di film disney. Mereka adalah orang-orang yang murah senyum, gak pernah berkata-kata negatif. The Friendzoners memiliki paling banyak teman, dimana semua teman-temannya memiliki ketertarikan khusus kepadanya. Sifatnya yang murah senyum sering disalah artiin ama teman2nya, yang kemudian diam2 menaruh hati, namun berakhir dengan dicampakkan di lembah friendzone.

l.      The Cursed One

tipe ini adalah tipe paling buruk diantara semua tipe-tipe. Setiap angkatan, baik di sekolah maupun di perkuliahan pasti akan memiliki orang tipe ini. Mereka adalah orang2 yang dikutuk untuk dibenci oleh orang lain. Tipe ini biasanya bermuka jelek dan berkelakuan jelek punya. Sering dibicarakan orang lain tapi gak punya keinginan untuk berubah. Tipe ini akan dijadikan standar untuk hal2 jelek oleh orang lain.
tipe ini biasanya gak punya temen sama sekali karena The cursed one terkenal sangat annoying, sotoy, berhati busuk, dan yang paling parah; bermuka tembok alias gakenal malu. Beberapa orang mungkin akan berteman dengannya, tapi itu Cuma bakal didasari rasa kasian.

m.       The Supernumerary

atau bisa disebut juga sebagai The Figuran, adalah tipe teman yang gak masuk ke salah satu kategori diatas. Mereka adalah temen2 yang kamu tau namanya, tau kalau dia ada, tapi kamu gak tau apa-apa lagi selain itu. Mereka hanya akan terlihat ketika di kelas, dan sesekali terlihat dikampus, selebihnya kalian gak bakal tau.

n.      The Annoyings
tipe ini biasanya suka komplain tentang temen-temen sekampusnya. Selain itu juga hobi ngata2in temennya sebagai hiburan doang. Misalnya menulis di blog dan mengkategorikan temen2nya seenaknya. 

silakan tambah sendiri kalo kamu punya tipe2 yang lain XD

Sunday, March 24, 2013

Revenges for Highschool

belakangan aku baru nyadar. ternyata banyak sekali hal-hal yang aku lakuin sekarang dan kebiasaan sehari hari selama kuliah merupakan kebalikan dari hal-hal yang biasanya aku lakuin selama SMA. sejak masih SMA sih senior2ku selalu pesen kalo kehidupan kuliah itu jauh berbeda ama SMA. itu udah jelas, selama di sma aku hidup dalam sistem. sekolahku merupakan sekolah negeri semi militer dan mengisolasi siswanya dan memaksanya hidup dalam suatu sistem yang keras. berbeda jauh ama kuliah, kehidupan selama kuliah adalah suatu sistem yang longgar dimana setiap celahnya harus kita manipulasi supaya tidak menimbulkan suatu sumber masalah. disini kita bisa ngelakuin apapun yang kita maudan hanya memerlukan satu persyaratan: tidak menimbulkan efek negatif atau kerusakan buat orang lain. selama persyaratan tersebut terpenuhi maka kita adalah orang paling bebas dalam sistem.

selama hidup di sistem di sma. banyak hal-hal yang aku lakuin dengan penuh keterpaksaan. emang itu adalah hal-hal yang baik dan untuk kebaikan kita. tapi baik aja gak cukup. hal-hal baik belum tentu bikin seneng. jadi, mungkin ini adalah salah satu pemicu kenapa aku cenderung ngelakuin hal-hal yang berkebalikan ama yang aku lakuin selama SMA.

gaya rambut

sebenernya dari lahir sampai SMP, aku punya gaya rambut kaya orang paling cupu di seluruh galaksi. rambut lurus, klimis, belah samping kanan, dan punya jambul dan selalu tersisir rapi. gaya rambut ini sebenernya di ciptakan ama nenekku yang udah ngerawatku waktu kecil. beliau selalu bilang, kalo orangyang punya belah rambut di kanan bakal jadi orang pintar dan selalu ngelakuin hal2 baik doang. sampai suatu hari pas SMP kira2 kelas 3, di pagi hari pas mau berangkat sekolah, sisir dikamarku ilang. waktu itu aku udah terlanjur banyak make minyak rambut dikepala dan bingung harus nyisir pake apa. akhirnya aku mutusin buat nyisir pake tangan doang dan ngebentuk gaya rambut baru yang aku sebut "tumbang kedepan semua". yop, waktu itu rambutku udah kaya bocah emo abis ktumpahan minyak goreng di kepala. tapi ternyata temen2 pada ngomentarin keren ama rambutku itu. akhirnya sejak itu aku mutusin buat ganti gaya rambut sekalian. karena hemat waktu, gakperlu sisir dan gak perlu takut berantakan karena gayanya emang berantakan.

rambut pas jaman SD. kok aku mirip korban sodomi gini ya...

pas masuk SMA, ternyata ada peraturan di asrama yang ngewajibin buat pangkas rambut ketika awal-awal masuk. pas itu sedih banget, baru beberapa bulan punya style baru eh malah mau di cukur abis (1 cm meen, tuyul..). aku pikir botak2 kaya gitu bakal berlangsung selama ospek doang. taunya gaya rambut tuyul kaya gitu berlaku ampe tamat. yg pertama kali kepikiran adalah, gimana caranya aku dapet pacar ya dengan rambut kaya gini? soalnya mukaku emang gak cocok ama kepala botak. dan benar, 3 tahun SMA aku jomblo total. kampret.
suram, dijauhin cewek karena dikira anak korek api atau cutton bud..

sejak tamat SMA dan masuk kuliah aku janji gabakal pernah potong rambut lagi sampe sependek itu. aku kira rambutku bakal balik kaya pas jaman smp dulu. taunya, rambutku malah tumbuh panjang jadi keriting! asu. mungkin ini efek rambut yang tiap 2 minggu di potong jadi 1 cm, dan setelah menghidup udara kebebesan rambut2ku lupa caranya tumbuh secara normal.
bahkan beberapa waktu sebelumnya aku pernah nyoba buatjadi brewok. ekspektasiku sih bakal di katain dewasa dan macho atau cool gitu ama temen2. taunya malah pada ngatain tua, berantakan, dan kaya gelandangan. kampret. akhirnya langsung kupotong dan kembali ke rambut yang wajar2 aja.
sebelum dan sesudah cukuran. sebenernya masih tetep suram tapi kata 167 dari 168 orang temenku bilang lebh mendingan..

jam tidur dan bangun

selama di sma bahkan sampai tidur dan bangun pun diatur. dan tidur adalah sistem yang paling sulit dimanipulasi (yeah memanipulasi peraturan adalah skill setiap siswa di sma ku haha). untuk malam, jam tidur adalah jam 10. setelah jam tersebut ilegal untuk melakukan aktifitas diluar. biasanya kalo gak ada tugas sebelum jam 12 aku udah ngorok. karena siangnya emang selalu full. untuk siang sendiri, hampir gak ada waktu untuk boci. sekolah dari jam 7 sampai jam 4 tiap hari. kemudian melakukan aktifitas yang gabisa ditinggalin kaya kerja kelompok, nyuci, dll. dari jam 6 sampai seterusnya harus mengerjakan tugas2 yang gak abis2 dan menghapal pelajaran kalo besoknya ulangan (yeah selama sma dari 6 smester aku juara 1 lima kali dan beberapa kali juara umum, nerd). itu untuk tidur, untuk bangun sendiri, jam 4-an bel udah berbunyi, ketika bangun tidur aktifitas pertama adalah merapikan tempat tidur, kemudian siap2 solat subuh di mesjid yg masalahnya juga diwajibkan dalam sistem. setelah pulang solat kemudian merapikan kamar, mengerjakan tugas piket asrama (buang sampah, ngepel, dll), menyemir sepatu, nyetrika baju, boker,mandi dll kemudian siap2 berangkat sekolah jam 7. kadang2 aku juga bingung, sebenernya siswa2 disini disiapin jadi penerus bangsa atau jadi pembantu buat dikirim ke arab ya?
aku sebenernya gak bermasalah ama tidur bentar. yang jadi masalh buatku adalah bangun di pagi hari. aku benci pagi sama kaya voldemort benci harry potter. mungkin aku bakal suka pagi kalo pagi bisa dimulai sekitar jam 12 siang.yang bikin aku gasuka pagi adalah ketika bangun pagi hidup terasa jadi lebih lama dan membosankan.
kamar di asrama selama SMA (kaya penjara tapi rapi)
kamar sekarang di kontrakan (berantakan tapi kaya kamar bneran)

jadi semenjak kuliah, aku selalu ngusahain buat bangun sesiang mungkin. apalagi semenjak semester 4 kita udah bisa milih mata kuliah sendiri, jelas aku bakal milih mata kuliah yang di mulai siang2. sekarang aku jadi sering tidur, hampir setiap siang aku sempetin buat tidur walau sebentar. salah satu hobiku sekarang adalah guling2 walopun belum tentu tidur. tiap malam aku gabakal tidur sebelum jam 12, dan karena faktor tugas2 juga sekarang jam tidurku adalah sekitar jam 2 pagi. hidup terasa lebih nikmat, entah karena kebutuhan biologis terpenuhi, atau hanya karena hasrat dendam lama yang terpenuhi huehuehue..

makan enak

kaya tidur, makan pun selama sma diatur. di asrama ada rumah makan yang selalu nyediain makanan 3 kali sehari buat para siswa dan guru. sebenernya gamasalah kalo makan diatur2 jadwalnya. karena aku emang gabegitu hobi makan (makanya kurus), yg jadi masalah itu adalah menu yang dikasi. bener2 ga berperikemanusiaan (kadang2 berkeperimanusiaan  jg sih). untuk pagi, yang di kasih adalah nasi goreng kering gosong dan telur tawar gajelas, kemudian teh atau teh susu yang dibikinnya pake ember gede kemudian diambil ke gelasnya pake cebok. ini udah cukup buat ngerusak pagi dan mood buat sehari kedepan. untuk siang lebih bervariasi, tapi juga biasanya lauk2 dan sayur yang rasanya gak jelas, terutama kalo lauknya dendeng daging, yang entah beneran daging, atau sendal yang digoreng kemudian dikasi cabe. untuk malam dan siang sebenernya gajauh beda. menu enak biasanya hanya ada hari jumat. sebenernya kita bisa aja sih gamakan di rumah makan dan milih jajanan dikantin kaya bakso dan nasi uduk aja, tapi gamungkin juga kan dengan kiriman yang pas2an makannya beli terus 3 kali sehari.

walopun makanan di Rumah Makan gak enak, tp tetep asik karena bisa ngakak bareng temen2

sejak itu ketika masuk kuliah aku mutusin buat balas dendam ama makanan2 di sma dengan makan enak tiap hari. sekarang hampir tiap hari aku makan ayam (emang makanan favorit), dan gak makan ikan dan sayur. untung banget karena sejak kuliah duit kiriman berkali lipat lebih banyak huehuehue

pakaian

sebenernya kalo dari segi gaya berpakaian aku gak banyak ngubah, masi tetep cupu dan buta fashion. masih hobi pake kemeja dan jaket. yang berubah adalah cara ngurus baju. selama 3 taun sma kita dipaksa bener2 mandiri. ngurus semua sendiri. termasuk nyuci dan nyetrika.dulu hampir tiap minggu nyuci baju adalah kegiatan rutin. kemudian ngejemur dan nyetrika. nyetrika adalah bagian paling sulit dari ngurusin baju. biasanya yang aku setrika cuma baju2 seragam dan yang terlalu kusut. untuk baju kaos dll biasanya langsung aku lipet. sbenernya nyuci dan nyetrika bukan kerjaan berat, yang jadi maslah adalah aku sering kelupaan ngerjainnya. sering banget baju yang harusnya aku pake besok belum dicuci dan masih di keranjang kotor. dan jadinya aku nyuci malem2 kemudian ngegantungnya didepan kipas angin dengan harapan bisa kering sebelum besok pagi. kadang2 yang lebih parah adalah aku baru inget dan nyucinya pas subuh. satu2nya trik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mencuci secepat mungkin, kemudian meremas sekeras mungkin, kemudian langsung di setrika berkali2 hingga kering (dan tentu saja bau haha).

disitu aku sadar aku emang gabakat ngerjain beginian. sejak kuliah aku selalu ngelaundry baju2 bahkan sempak sekaligus dan berjanji gabakal pernah nyentuh yang namanya rinso dan setrika lagi.




Sunday, March 3, 2013

2013 Shake

ini postingan pertama di tahun 2013 *backsound sorak ramai*
awal tahun ini aku udah disibukin oleh yang namanya KP alias kerja praktek. kerja praktek adalah salah satu syarat buat bisa ngambil Tugas Akhir. tempat KPku namanya Pola Data Consultant, bertempat di Maguharjo, Jogja. aku sengaja ngambil KP di Jogja karena kalo jauh2 pasti makan biaya lebih mahal dan akunya emang males nyari2 link ke luar kota. alasan lain adalah biar gak perlu bolos kuliah dan gak perlu ketinggalan daftar ini daftar itu, karena KPnya satu bulan sedangkan libur cuma 2 minggu.
ditempat KP yg temanya perancangan ini kerjanya sebenernya gak berat2 amat. hampir sama kaya kuliah. dari awal sampe akhir aku dan 3 orang temenku lainnya udah ngedesain Mall, Kampus UNY, Outlet Biru distro, dan Kantor konsultan. karena biro tempat kita KP gak gede2 amat jadi kita bisa berpartisipasi dalam semua project.

karena postingan kali ini aku gak punya ide yang spesifik dan lucu, akhirnya aku mutusin buat ngasi rangkuman 2012 dalam satu gambar. gakpenting dan gajelas emang tapi keren kok karena banyak akunya. *dilemparin tomat dan BH*

2012 review gajelas

sekalian nih, karena lagi ngetrend Harlem Shake, aku dan temen2ku sekalian bikin video Harlem shake versi kita pas kita ke pantai kemaren. buat yg belum tau, harlem shake ini sama kaya fenomena Gangnam Style di 2012 kemaren. bedanya disini gerakannya random semua. enjoy!


There was an error in this gadget