Saturday, July 23, 2011

Bromance

aku yakin, 80% mahasiswa indonesia yang sedang liburan pasti sedang mengalami kebosanan yang amat sangat. ngahahah. itu wajar kok. karena libur ini begitu panjang dan kita gak punya aktifitas yang jelas selain makan, tidur, dan menuh-menuhin wc. yaah, kita doakan aja semoga situasi bakal jadi lebih baik.
kalo aku sendiri sih, liburan ini rasanya cukup banyak melakukan aktifitas2 menarik, setiap hari pula. misalnya, mencari bahan2 bacaan yang menarik di internet (facebook, twitter, tumblr), rajin solat ke mesjid (pulang2 bawa sendal bagus), bantuin mama dikantin (nyolong duit dilaci dan ngabisin/makan barang dagangan), ngelatih adek2 biar fisiknya kuat (ngebanting/smackdown adek di kasur, gelitikin adek ampe muntah, nyetrum adek pake raket nyamuk, dan ngelempar adek pake kucing (ini semua beneran, saking bosennya)), dan kadang2 berebut wc ama kucing buat boker, karena kucing2 dirumah ini saking pinternya, beraknya pun di wc. kemaren aja pas aku mau boker, pas masuk wc ternyata udah ada si kucing sialan udah buang hajat duluan, mau aku usir gak tega, mau nungguin udah gak tahan, akhirnya kita sepakat make wc buat boker berdua. sumpah waktu itu awkward banget, kita saling pandang2an sampe proses berakisasi berakhir.

anyway, topik utama postingan kali ini adalah seputar BROMANCE. yap, bromance, kata ini aku taunya dari channel youtube nya Nigahiga (yang sering maen tumblr mungkn tau nih, ituloh orang asia yang mukanya kocak yang sering dijadiin meme). disitu si Niga bikin video tentang Bromance dan kocak banget, kalian musti liat deh, banyak juga video kocak lainnya.

BROMANCE, mungkin sebagian orang masih janggal dengan kata2 ini, bromance ini merupakan kata yang terbentuk dari kata BRO/BROTHER dan ROMANCE. bromance ini sendiri merupakan ekspresi dari KASIH SAYANG antara dua cowok yang belum tentu saling suka satu sama lain. menurut wikipedia sendiri bromance ini adalah sikap yang menunjukan kasih sayang diantara dua pria yang mungkin keliatan agak janggal dimanata orang awam. oke, aku tau yang terbayang di kepala kalian adalah homo/gay. tapi sebenernya bukan, sama sekali bukan. ini lebih merujuk kepada "so sweet" ato "kya kyaa" versi cowok. oke ini emang agak komplikatit, karena bromance emang sulit dimengerti manusia biasa.
perhatikan dialog dibawah ini.

Justin: hey watsap broo..
beber: weey watsaaap
*berpelukan*
justin: eh gue mau ngasih lo sesuatu nih
beber: apaan?
justin: ini gue beliin lo topi kaya punya Nazaruddin yang lo idam2in dari dulu
beber: woooaahh! tengkyu banget sob! lu emang ngerti banget!

dialog diatas adalah contoh dari BROMANCE!
contoh lain.

adhika: oi bro, lagi minum apaan tuh?
charlie: lagi minum pop ice nih cuk, lu mau?
andhika: boleh, bagi dong
*andika nyruput dari sedotan charlie*
andhika: enak banget bro!
charlia: emang enak, beli lagi yuk!
^^^^BROMANCE!

contoh lain dari Bromance yang simpel adalah cowok nraktir cowok, cowok nelpon cowok, tos, dan cowok dengerin lagu Justin Bieber. bromance!

dari contoh diatas terlihat kalo bromance merupakan ekspresi dari kasih sayang seorang cowok terhadap cowok lainnya, tapi tentu saja dengan takaran yang terbatas. karena sedikit lebih saja orng2 akan mengecap sebagai maho, apalagi kalo cowok tersebut kentutnya gak bunyi (halah!).

istilah bromance sendiri sebenernya adalah salah satu bentuk istilah yang merujuk pada diskriminasi ekspresi eksplisit yang berbeda antara cewek-cewek dan cowok-cowok (ini aku ngomong apaan sih).
simpelnya, cewek2 bisa nunjukin ekspresi kasih sayangnya ama cewek lain tanpa ada batasan, sedangkan cowok musti berhati2 kalo gak mau di cap sebagai "pedagang lubang anus". disini terlihat banget diskriminasi antara BROMANCE dan STROMANCE (sister and romance, isitilah buat cewek, aku bikin sendiri :p).

contoh simpelnya, terlihat di kehidupan sehari hari, mari liat perbandingannya:

ada cewek ngomong ama temennya: "yaampun sis, kamu cantik banget hari iniii :D"
reaksi orang2: oh mereka kayanya sahabatan deket banget yah, so swit.

ada cowok ngomong ama temennya:"yaampun bro, kamu ganteng banget hari ini fufufu :D "
reaksi orang2: oi kalian berdua mending kebelanda aja sana! gay.
faktanya itu: BROMANCE!

contoh lainnya juga:
kalo cewek2 lagi ngomongin tentang sex, reaksi orang2 pasti "oh mereka lagi bahas pelajaran biologi".
kalo cowok2 lagi ngmongin tentang sex. reaksi orang2 pasti "iss, mereka pasti lagi ngomongin film bokep". faktanya, itu EMANG BENER! halah! maksudnya, itu BROMANCE! cowok mah kalo ngomongin porno biasanya semata buat bahan lelucon doang.
hal sejenis ini juga udah ada di bahas sama raditya dka di buku MMJ nya bagi yang udah baca, disini terlihat sekali para lelaki ingin ada kesetaraan dalam berekspresi.

buat yang masih bingung, mungkin beberapa ilustrasi dapat membantu kita dalam memahami apa itu bromance sesungguhnya.

memandang temen dengan tatapan yang memabukkan. BROMANCE!

karaoke bareng nyanyiin lagu SM*SH. BROMANCE!

berfoto dengan pose ala cover album band2 melayu alay. BROMANCE!

mandi bareng. bersihkan diri bersama. BROMANCE!

menusuk temen dari belakang. BROMANCE!
menusuk temen dari belakang (tripel edition). BROMANCE!

berpose menggoda biar diliatin temen2. BROMANCE!


melakukan percakapan lelaki yang cukup intim. BROMANCE!


berfoto-foto ria dengan pose ala manusia2 Facebook. BROMANCE!

nonton bokep bareng. BROMANCE!
(sebenernya ini lagi maen PES kok ngahaha)

3 comments:

  1. yang jojon aga pas abis ner wakakakakak

    ReplyDelete
  2. ROFL WKAKAKAKAK =)) =))
    keep up [bromance]

    ReplyDelete
  3. wakakakaka makasih makasih udah baca dan komen.
    tos drak! BROMANCE!!
    kontrol muka yak :)))

    ReplyDelete

There was an error in this gadget