Sunday, February 9, 2014

10 Pesan Moral Fappy Bird

..emm itu maksudnya Flappy Bird kali ya, kalo Fappy Bird mah jadinya burung yang suka di fap-fap dong.. ah sudahlah, kita bahas itu di forum lain saja. akhir2 ini lagi ngetrend2nya game Flappy Bird, gatau siapa yang mulai, tau2 semua orang baik didunia nyata maupun di dunia perinternetan udah rame ngomongin nih game, aku sendiri pertama kali tau game ini dari salah satu postingan di 9gag. sebagai gamer dan manusia internet sejati aku pun nyobain ini game.

setelah beberapa kali mainin nih game aku jadi ngerti kenapa ini game jadi terkenal.
walopun orang-orang bilang ini adalah game paling bikin emosi, dan itu benar (lah?). tp sebenernya unsur kocaknya gak kalah banyak. yaa kalo ditimbang antara misuh-misuh dan ketawa selama main game ini bisa dibilang imbang laah.

selama beberapa hari aku mainin game ini, aku mendapat pelajaran yang sangat berarti yang tidak bisa aku dapatkan disekolah dan di kehidupan nyata, antara lain:

1. Penampilan bukanlah hal yang paling penting

ada sebuah pepatah tua yang mengatakan "don't judge a game by its graphic", janganlah menilai sesuatu atau seseorang dari penampilannya. flappy bird sendiri mempunyai interface game 8-bit yang kayanya semua komponennya "dicolong" dari game Super Mario. game ini ngebuktiin bahwa yang simpel pun bisa disukai banyak orang dan selalu bikin penasaran. maka karena itu, ketimbang mempercantik paras, sebaiknya kita meningkatkan kualitas konten diri kita, sehingga membuat orang penasaran terhadap diri kita.


2. katakan tidak pada rasisme

burung di Flappy Bird terdiri dari 3 warna; merah, biru dan kuning. ketiga warna burung ini memiliki kemampuan yang sama, tidak ada kelebihan yang dimiliki satu warna yang tidak dimiliki burung warna lain. walaupun burung warna biru warnanya sama kaya langit backgroundnya, dan burung kuning kaya eek melayang, tapi ketiga memiliki peran dan fungsi yang sama. sama seperti kita, misalnya, walaupun kita tau kalo orang cina itu itung2an, orang batak itu ngomongnya keras, orang timur hobi nonjok orang, ato orang minang yang otaknya dagang terus, atau orang jawa yang selalu nambahin "tak" didepan kata kerja tapi tetap ngelakuin hal tersebut, janganlah hal tersebut menjadi alasan pemecah persatuan kita. *digebukin warga trus diayak keliling kampung*

3. Fokus pada proses, bukan pada hasil

kebanyakan orang yang marah2 main flappy bird adalah karena mereka ingin mendapatkan poin yang tinggi tapi poin yang didapat malah rendah. mereka terlalu fokus pada "ngedapatin skor gede" ketimbang "gimana cara ngelewatin lobang berikutnya". karena itu biasanya semakin tinggi skor yang didapat ketika main, orang akan makin gugup dan tegang biar gak nabrak, ini karena mereka terdistraksi oleh skor yang didapat sehingga konsentrasinya bukan pada jalannya lagi tapi udah sama skor. karena itu lebih baik fokus pada "perjalanannya" sehingga kita bisa pergi jauh dan mndapat skor yang tinggi.


4. Kunci keberhasilan: 3K (Konsentrasi, Konsistensi, dan Kontinuitas)

3 hal ini sebenernya sangat susah dimiliki seseorang sekaligus, biasanya seseorang cuma bisa punya 2. untuk bisa jago di game ini seseorang harus konsentrasi penuh, jangan mikirin hal lain, seperti skripsi yang belum jadi, jemuran yang belum diangkat, kolor yang udah abis tapi belum ada yang dicuci, dsb. kedua adalah konsistensi, yang paling penting adalah konsistensi pencetan kita, kalo mencet keseringan dijalur datar, mati. kalo mencetnya jarang di tanjakan curam, mati. ketiga adalah kontinuitas atau keberlanjutan, di game ini gaada kata mundur, sekali pencet play mau gak mau harus maju terus. hanya ada 2 pilihan: maju atau mati. seperti hal nya di kehidupan dimana kita dituntut untuk menyelesaikan segala sesuatu yang kita mulai dan jangan setengah-setengah.

5. Posesiflah seperlunya

kalo kita mencetnya terlalu kenceng burungnya ketinggian dan nabrak, tp kalo mencetnya jarang burungnya jatoh nabrak tanah. sama halnya ketika memiliki suatu barang atau seseorang. misalnya pacar, apabila kita keseringan mencet burungnya, dia bakal kesel dan risih, ngerasa gak punya privasi lagi. tp kalo kita jarang mencetin burungnya, dia bakal ngerasa gak diperhatiin dan gak diurusin, dan malah nyari orang lain buat mencetin burungnya. oleh karena itu, pencetlah burung pacarmu seperlunya (seoptimum mungkin).

6. Untuk berhasil, pertama kita harus jatuh

gada orang yang pas dikasih game flappy bird langsung bisa terbang, bahkan dapet skor. semua orang yang baru main pasti kebingungan dan gatau mau ngapain pas mencet "play". karena gatau mau ngapain, bikin burungnya langsung jatoh ketanah. namun lama-lama, kita mulai ngerti gimana cara ngontrolnya dan ngedapetin skor tinggi bukan masalah lagi. dan ketika kita lihat kebelakang, kita heran, kok dulu begok banget ya main kaya ginian aja gabisa.

7. Ambillah peluang apapun bentuknya

untuk mencapai keberhasilan, kita harus mengambil peluang apapun bentuknya. ketika main flappy bird, kadang2 lobang yang kita tempuh datar, kadang2 terlalu tinggi, kadang2 terlalu rendah. atau ketika ingin bermain tp hape mu gak compatible buat bermain flappy bird, berusahalah buat minjem hp temenmu. kalo mereka gak mau minjemin, ketika mereka lengah, ambillah peluang tersebut buat nyolong hp nya.


8. Jangan cepat puas

ketika main flappy bird, masang target tinggi2 bukanlah dosa besar. target bikin kita jadi bersemangat. ketika awal main kita pasang target 10, ketika 10 udah tercapai kita pasang target 50. lama kelamaan 50 pasti tercapai, kemudian kita naikin lagi targetnya, sampe batas limit kemampuan (atau kebosanan) kita. aku pribadi sampe terakhir kali main udah nyampe 147, skor ini tinggi ato rendah relatif sih, tergantung dibandingin ama siapa. mehmeh.


9. Perbaiki kehidupan sosialmu

ketika kamu udah dapet skor tinggi, berhentilah sejenak. kemudian pikir, berapa lama kamu udah mainin ini game. kalo kamu jomblo, jarang keluar rumah, dan udah main game nya berhari-hari dan dapet skor tinggi, ini berarti ada yang salah dengan kehidupan sosialmu dan kamu butuh pertolongan. segeralah perbaiki sebelum semuanya terlambat. tapi kalo kamu emang dasarnya introvert ato orang kurang kerjaan, berarti udah gada lagi obatnya buat kamu.


10. Menabung dan mencari nafkah lah kamu

ketika kamu udah keasikan main, berhentilah sejenak, dan ceklah device yang kamu pake buat main. apakah hp ato tablet itu punyamu? kalo bukan segeralah berhenti main dan carilah pekerjaan. karena percuma high score se kabupaten kalo high score nya di hp ato tablet pinjeman dari temen karena hpmu gak compatible. karena itu carilah nafkah dan mulailah menabung untuk membeli hp ato tablet baru.

No comments:

Post a Comment